Sufriyansyah, Mekri (2011) Improving Vocational High School Students’ Grammar Mastery by Using Local Area Network (LAN) System as a Media. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_MEKRI_SUFRIYANSYAH_72686_1350_2011.pdf
Download (582kB)
Abstract
Memahami struktur bahasa merupakan hal yang paling mendasar dalam 
profisiensi bahasa. Pengajaran struktur bahasa yang dikenal dengan istilah 
grammar juga merupakan bagian yang esensial dari pengajaran bahasa. Namun 
dengan melihat situasi dan kondisi mengajar tidak jarang ditemukan seorang guru 
kurang berhasil dalam upaya mengajarkan penguasaan grammar terhadap siswa.  
Makalah ini membahas tentang pengajaran grammar bahasa Inggris. 
Setelah beberapa waktu, penulis mengadakan penelitian pustaka tetang pengajaran 
grammar, ternyata menurut para ahli penggunaan sebuah media yang mengarah ke 
pada pendekatan belajar dengan komputer, Local Area Network (LAN) dalam 
pengajaran bahasa Inggris adalah salah satu alternatif dari beberapa teknik yang 
bisa dipakai dalam pengajaran grammar.  
Dalam paper ini penulis mencoba membahas pengajaran grammar bahasa 
Inggris  dengan menggunakan koneksi Local Area Network (LAN) untuk siswa 
SMK, sehingga pengajaran grammar akan terasa lebih menarik dan 
menyenangkan bagi siswa dan suasana kelas jadi lebih efektif dan kondusif. 
Adapun secara umum, LAN merupakan sebuah koneksi antar komputer yang 
dirangcang sedemikian rupa sehingga memungkinkan adanya daya akses satu 
sama lain untuk keperluan tertentu. Dalam konteks ini Penulis mengaplikasikan 
koneksi tersebut sebagai media pembelajaran yang efektif di mana satu komputer 
berperan sebagai server/ penyedia dan yang lainnya sebagai client/ pengakses. 
Komputer server ini dipegang oleh guru sebagai facilitator di dalam kelas dan 
komputer-komputer client digunakan oleh masing-masing siswa untuk mengakses 
materi belajar. 
Seperti makalah pembelajaran pada umumnya, Penulis juga menampilkan 
langkah-langkah di dalam pengajaran grammar dengan menggunakan Local Area 
Network (LAN). Adapun pelaksanaan teknik pembelajaran ini disajikan dalam 
tiga langkah, yaitu pre-teaching, whilst-teaching dan post-teaching activities. 
Adapun pre-teaching merupakan kegiatan menggali pemahaman siswa tentang 
topik pelajaran yang akan diajarkan. Berikutnya, sebagai kegiatan inti, whilst
teaching adalah pembahasan topik yang diajarkan dengan menggunakan komputer 
dan pengerjaan latihan-latihan yang mengarah kepada penguasaan grammar. 
Sedangkan sebagai kegiatan penutup, post-teaching merupakan kegiatan 
pemberian tugas sesuai dengan topik yang telah diajarkan dengan bantuan 
komputer.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 | 
| Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd | 
| Date Deposited: | 12 Feb 2025 06:45 | 
| Last Modified: | 12 Feb 2025 06:45 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1512 | 
         