Sufriyansyah, Mekri (2011) Improving Vocational High School Students’ Grammar Mastery by Using Local Area Network (LAN) System as a Media. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_MEKRI_SUFRIYANSYAH_72686_1350_2011.pdf [thumbnail of B1_MEKRI_SUFRIYANSYAH_72686_1350_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_MEKRI_SUFRIYANSYAH_72686_1350_2011.pdf
Download (582kB)
Abstract
Memahami struktur bahasa merupakan hal yang paling mendasar dalam
profisiensi bahasa. Pengajaran struktur bahasa yang dikenal dengan istilah
grammar juga merupakan bagian yang esensial dari pengajaran bahasa. Namun
dengan melihat situasi dan kondisi mengajar tidak jarang ditemukan seorang guru
kurang berhasil dalam upaya mengajarkan penguasaan grammar terhadap siswa.
Makalah ini membahas tentang pengajaran grammar bahasa Inggris.
Setelah beberapa waktu, penulis mengadakan penelitian pustaka tetang pengajaran
grammar, ternyata menurut para ahli penggunaan sebuah media yang mengarah ke
pada pendekatan belajar dengan komputer, Local Area Network (LAN) dalam
pengajaran bahasa Inggris adalah salah satu alternatif dari beberapa teknik yang
bisa dipakai dalam pengajaran grammar.
Dalam paper ini penulis mencoba membahas pengajaran grammar bahasa
Inggris dengan menggunakan koneksi Local Area Network (LAN) untuk siswa
SMK, sehingga pengajaran grammar akan terasa lebih menarik dan
menyenangkan bagi siswa dan suasana kelas jadi lebih efektif dan kondusif.
Adapun secara umum, LAN merupakan sebuah koneksi antar komputer yang
dirangcang sedemikian rupa sehingga memungkinkan adanya daya akses satu
sama lain untuk keperluan tertentu. Dalam konteks ini Penulis mengaplikasikan
koneksi tersebut sebagai media pembelajaran yang efektif di mana satu komputer
berperan sebagai server/ penyedia dan yang lainnya sebagai client/ pengakses.
Komputer server ini dipegang oleh guru sebagai facilitator di dalam kelas dan
komputer-komputer client digunakan oleh masing-masing siswa untuk mengakses
materi belajar.
Seperti makalah pembelajaran pada umumnya, Penulis juga menampilkan
langkah-langkah di dalam pengajaran grammar dengan menggunakan Local Area
Network (LAN). Adapun pelaksanaan teknik pembelajaran ini disajikan dalam
tiga langkah, yaitu pre-teaching, whilst-teaching dan post-teaching activities.
Adapun pre-teaching merupakan kegiatan menggali pemahaman siswa tentang
topik pelajaran yang akan diajarkan. Berikutnya, sebagai kegiatan inti, whilst
teaching adalah pembahasan topik yang diajarkan dengan menggunakan komputer
dan pengerjaan latihan-latihan yang mengarah kepada penguasaan grammar.
Sedangkan sebagai kegiatan penutup, post-teaching merupakan kegiatan
pemberian tugas sesuai dengan topik yang telah diajarkan dengan bantuan
komputer.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 06:45 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 06:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1512 |