Yanti, Nelva (2014) Pengaruh Penggunaan Peta Pikiran (Mind Mapping) terhadap Hasil Belajar KKPI di SMKN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NELVA_YANTI_13957_1105_2014.pdf [thumbnail of B1_5_NELVA_YANTI_13957_1105_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NELVA_YANTI_13957_1105_2014.pdf
Download (710kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang diperoleh siswarendah, hal ini merupakan salah satu permasalahan pendidikan yang terjadi bagisiswa, dan ini dapat dijadikan sebagai indikator mutu pendidikan masih rendah.Maka rendahnya hasil belajar yang dicapai oleh siswa dapat dilihat dari nilai ratarata. Hasil belajar KKPI di SMK N 1 Lembah Melintang nilai rata-ratanya adalah68,5, sedangkan KKM untuk mata pelajaran KKPI di SMKN 1 LembahMelintang ditetapkan 73. Dari hal tersebut diidentifikasi permasalahan: 1)Pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru sehingga siswacendrung pasif, 2) Kurangnya interaksi yang terjadi antara guru dan siswa didalam proses pembelajaran, 3) Siswa cendrung malas mengerjakan latihanmaupun tugas yang diberikan guru dan 4) Rendahnya hasil belajar siswa padamata pelajaran KKPI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhpenggunaan mind mapping terhadap hasil belajar mata pelajaran KKPI di SMKN1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakanpenelitian eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMK N 1Lembah Melintang.yang mengikuti mata pelajaran KKPI. Teknik pengambilansampel dilakukan secara porposive sampling. Data dikumpulkan dari tes hasilbelajar berupa soal objektif sebanyak 29 butir soal. Data yang diperoleh dianalisisdengan menggunakan Microsoft Excel untuk uji homogenitas, normalitas, dan ujihipotesis. Dari hasil tes penelitian didapat nilai rata-rata siswa yang menggunakanmind mapping yaitu 80,04 sementara siswa kelompok kontrol yang menggunakanpembelajaran konvensional lebih rendah yaitu 70,7. Hasil hipotesis denganmenggunakan Microsoft Excel didapati bahwa thitung 5,78 > ttabel 1,670, sehinggahipotesis alternative (H1) diterima atau menolak hipotesis nihil (H0). Hal iniberarti bahwa secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besardaripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, PETA PIKIRAN |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 04:01 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 04:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15078 |