Yasni, Yasni (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw yang dikombinasikan dengan Teknik Beach Ball terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII MTsN Langgam Kinali Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_YASNI_83996_2012.pdf [thumbnail of B1_4_YASNI_83996_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_YASNI_83996_2012.pdf
Download (808kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar biologi siswa disebabkan banyaknya siswa yang
kurang tertarik mempelajari pembelajaran biologi karena beranggapan pelajaran
biologi bersifat hafalan. Hal ini menjadi alasan kurangnya minat untuk mempelajari
biologi. Selain itu model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran
yang kurang bervariasi membuat siswa kurang termotivasi dan mudah bosan
sehingga semangat belajar rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu variasi
dalam proses pembelajaran, salah satunya mengkombinasikan pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw dengan teknik beach ball. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang
dikombinasikan dengan teknik beach ball terhadap hasil belajar biologi siswa kelas
VIII MTsN Langgam Kinali tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain
randomized control-group posttest only design. Populasi penelitian seluruh siswa
kelas VIII MTsN Langgam Kinali. Pengambilan sampel menggunakan teknik
simple random sampling, dan dengan pengundian didapatkan kelas VIII A sebagai
kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Intrumen penelitian yang
digunakan adalah tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Berdasarkan analisis terhadap hasil tes akhir diperoleh, hasil belajar siswa
pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas
eksperimen 78,56 sedangkan kelas kontrol 70,94. Setelah data dianalisis didapatkan
thitung (2,89) > ttabel (1,67) yang berarti hipotesis diterima. Oleh karena itu dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang dikombinasikan
dengan teknik beach ball berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi siswa
kelas VIII MTsN Langgam Kinali tahun pelajaran 2011/2112
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 03:16 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 03:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15063 |