Marlina, Marlina (2011) Increasing Senior High School Students’ Interest in Writing a Narrative Text through an Imaginative Re-creation. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_MARLINA_77177_1535_2011.pdf [thumbnail of B1_MARLINA_77177_1535_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_MARLINA_77177_1535_2011.pdf
Download (209kB)
Abstract
Kurikulum yang saat ini digunakan di Indonesia mengharuskan siswa
SMA memiliki kemampuan memahami narrative text dan beberapa jenis teks
lainnya. Namun pada kenyataannya siswa SMA kurang tetarik menulis teks
tersebut. Salah satu penyebabnya adalah siswa bosan menulis teks yang sama
berulang.
Dalam mengatasi hal tersebut, penulis menggunakan teknik pembelajaran
Imaginative Re-creation atau menulis ulang sebuah karya (cerita legenda, novel,
atau film). Maksudnya, dalam menulis sebuah teks naratif, siswa diminta
membaca atau menonton sebuah cerita legenda atau film terlebih dahulu,
kemudian siswa diminta untuk menulis ulang cerita atau film tersebut dengan
merubah waktu atau tempat cerita tersebut terjadi atau bisa juga siswa diminta
menulis cerita itu kembali dari sudut pandang peran pembantu dalam cerita
tersebut.
Dalam kegiatan ini, guru memodelkan langkah- langkah dalam menulis
narrative teks. Setelah itu, guru memberikan sebuah topik kepada siswa dan
menyuruh siswa bekerja berpasangan dengan mengikuti langkah-langkah yang
telah diberikan oleh guru. Kemudian guru menyuruh satu pasangan untuk menulis
pekerjaan mereka dipapan tulis. Setelah itu, guru dan pasangan lain memberikan
komentar atau saran. Setelah menerima komentar atau saran, siswa mencoba
mengkoreksi pekerjaa yang telah mereka buat. Kemudian guru memberikan
kesimpulan tentang materi kepada siswa.
Melalui penerapan teknik Imaginative Re-creation penulis berharap dapat
memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam menuangkan ide kedalam tulisan.
Penulis juga berharap guru bias menggunakan model pembelajaran ini dalam
pengajaran menulis khususnya teks narrative berdasarkan prosedure yang telah
disediakan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 06:24 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 06:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1506 |