Kesturi, Elva (2012) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Kelas X di SMAN 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_ELVA_KESTURI_89308_692_2012.pdf [thumbnail of B1_4_ELVA_KESTURI_89308_692_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_ELVA_KESTURI_89308_692_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Sebanyak 60% siswa SMA N 3 Padang hasil belajarnya dibawah KKM yang telah ditetapkan sekolah. Sedikit siswa yang mampu memberikan contoh dari materi tersebut sesuai dengan fenomena sosial yang ada di sekitar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan strategi pembelajaran Kooperatif tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) yang bertujuan untuk membangun sendiri pengetahuan siswa mengenai suatu konsep. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Strategi Kooperatif tipe TAPPS terhadap Hasil Belajar Sosiologi pada Kelas X SMAN 3 Padang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian berupa Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas X di SMAN 3 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Random kelompok dari sembilan kelas X yang ada dipilih dua kelas yaitu X.1 sebagai kelas kontrol dan X.2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji hipotesis melalui uji t pada taraf nyata 0,05.
Hasil penelitian uji t dilakukan untuk skor empat komponen konsep dasar materi nilai dan norma sosial yaitu pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis dan fungsi nilai dan norma sosial. Pada konsep dasar pengertian diperoleh thit = 2.91sedangkan ttab = 2,00 berarti Strategi pembelajaran TAPPS cocok di gunakan pada konsep dasar pengertian nilai dan norma. Pada konsep dasar ciri-ciri diperoleh thit =2.055, pada konsep dasar jenis-jenis diperoleh thit =3.57 dan pada konsep dasar tujuan diperoleh thit = 2.07 dengan demikian pembelajaran TAPPS sangat cocok digunakan pada materi nilai dan norma sosial. Hasil penelitian secara keseluruhan pada soal konsep menunjukkan bahwa, rata-rata skor tes akhir (posttest) secara umum pada kelas eksperimen adalah 88.16 sedangkan kelas kontrol 61.50 kemudian diperoleh uji t yaitu 5.20 sedangkan t tab = 2.00 berarti thit > ttab = 5.20 > 2.00. Oleh karena itu, hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ”Terdapat Pengaruh dalam Penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe TAPPS terhadap Hasil Belajar Sosiologi pada Kelas X SMAN 3 Padang”. Dengan demikian TAPPS dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa khususnya pada aspek pemahaman konsep.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:48 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 02:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15050 |