Jan’nah, Miftahul (2021) Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik melalui Model Discovery Learning. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_MIFTAHUL_JAN’NAH_16029116_1439_2021.pdf [thumbnail of B1_01_MIFTAHUL_JAN’NAH_16029116_1439_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_MIFTAHUL_JAN’NAH_16029116_1439_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis memiliki peran yang sangat
penting yang diperlukan dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran matematika.
Keamampuan pemecahan masalah tersebut dapat dikembangkan melalui proses
pembelajaran. Namun kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis
peserta didik masih tergolong rendah dan proses pembelajaran belum terlaksana
secara optimal. Di samping itu, partisipasi atau peran aktif peserta didik dalam
pembelajaran juga terlihat masih kurang. Alternatif yang dapat dijadikan solusi untuk
mengatasi masalah tersebut adalah pembelajaran dengan menggunakan Model
Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah menguraikan secara teoritis
bagaimana model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematis peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian studi literature. Penelitian ini
menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dalam mencari,
mengumpulkan dan menganalisis sumberdata untuk diolah dengan mengamati
beberapa sumber yang terkait untuk memperoleh gagasan mengenai model
pembelajaran kooperatif dan pemahaman konsep matematis pada peserta didik.
Pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri sumber-sumber yang berkaitan
dengan topic yang dibahas baik dari textbook, jurnal dan sumber lainnya.
Berdasarkan studi yang dilakukan diperoleh bahwa model Discovery Learning
dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik secara
teoritis. Penerapan tahapan-tahapan model Discovery Learning dapat menunjang
aktivitas belajar sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematis peserta didik yang dapat dilihat dari ketercapaian indikator
kemampuan pemecahan masalah matematis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:47 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 02:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15045 |