Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Pemberian Tes Awall (Pre Test) Di Awal Proses Pembelajaran Siswa Kelas XI IPS 1 Di SMA N 4 Padang

Asmani, Deni (2014) Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Pemberian Tes Awall (Pre Test) Di Awal Proses Pembelajaran Siswa Kelas XI IPS 1 Di SMA N 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_DENI_ASMANI_89192_5835_2014.pdf] Text
B1_2_DENI_ASMANI_89192_5835_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa
terutama pada siswa Kelas XI IPS 1 Di SMA N 4 Padang. Menurut mereka mata
pelajaran sejarah membosankan dan menjenuhkan, materinya terlalu menekankan
pada hal-hal yang faktual seperti angka tahun, nama tokoh, nama peristiwa, dan
tempat di mana suatu peristiwa terjadi. Siswa kurang berminat mencatat materi
yang dijelaskan oleh guru, sehingga pada saat guru menyuruh siswa
mengumpulkan catatan banyak yang tidak lengkap. Ketika ujian beberapa siswa
tidak dapat menjawab pertanyaan guru dengan baik. Rendahnya minat belajar
siswa juga dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang belum mencapat ketuntasan
minimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Minat Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Pemberian Tes Awal (Pre Test) Di Awal
Proses Pembelajaran Siswa Kelas XI IPS 1 Di SMA N 4 Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari 3 kali
pertemuan. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi berupa ceklis.
Subjek penelitian adalah siswa kelas Siswa Kelas XI IPS 1 Di SMA N 4 Padang.
Adapun temuan penelitian yang penulis lakukan yaitu pada siklus I
menunjukkan bahwa minat belajar siswa belum tercapai secara maksimal. Semua
ini disebabkan oleh kurangnya kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran
sejarah melalui pemberian tes Awal (pre test) di awal proses pembelajaran. Untuk
mengatasi hal tersebut dilakukan beberapa perubahan seperti dengan memberikan
motivasi kepada siswa, dan mengadakan evaluasi baik terhadap individu maupun
kelompok. Setelah dilakukan perubahan pada siklus II, maka rata-rata dari 13
deskriptor sudah mencapai kriteria keberhasilan 75% dengan kategori baik dan
baik sekali.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pemberian Tes
Awal (Pre Test) Di Awal Proses Pembelajaran Siswa dapat meningkatkan minat
belajar siswa dalam mata pelajaran IPS (sejarah) pada kelas Kelas XI IPS 1 Di
SMA N 4 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Minat Belajar Siswa
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:47
Last Modified: 03 Jul 2025 02:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15043

Actions (login required)

View Item
View Item