Perilaku Petugas Kesehatan dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan pada Pengguna Asuransi Kesehatan (Askes) (Studi Kasus: Pengguna Kartu Askes di RSUP. Dr. M. Djamil Padang) Djamil Padang)

Yolanda, Siska (2012) Perilaku Petugas Kesehatan dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan pada Pengguna Asuransi Kesehatan (Askes) (Studi Kasus: Pengguna Kartu Askes di RSUP. Dr. M. Djamil Padang) Djamil Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_SISKA_YOLANDA_6400_2012.pdf] Text
B1_4_SISKA_YOLANDA_6400_2012.pdf

Download (774kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penulis untuk melihat perilaku petugas
kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan pada pengguna Askes di
RSUP. Dr. M. Djamil Padang. Rumah sakit merupakan salah satu sarana
kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. RSUP. Dr.
M. Djamil adalah rumah sakit terbesar dan memiliki fasilitas pelayanan yang
cukup lengkap yang ada di kota Padang. Untuk memaksimalkan pelayanan di
rumah sakit, Pemerintah menyelenggarakan salah satu pelayanan kesehatan dalam
bentuk asuransi kesehatan. Dalam hal ini, para anggota Askes dijamin
kesehatannya oleh PT.Askes. Rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan
yang bermutu dan bisa memberikan kepuasan optimal kepada konsumennya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku petugas kesehatan
dalam Memberikan pelayanan kesehatan pada pengguna Asuransi Kesehatan
(Askes) di RSUP. Dr. M. Djamil Padang beserta faktor-faktor yang
melatarbelakangi perilaku petugas kesehatan dalam melayani pengguna Askes.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pertukaran-perilaku
yang dikemukakan oleh George C. Homans. Homans bertumpu pada asumsi
bahwa orang terlibat dalam perilaku untuk memperoleh ganjaran atau
menghindari hukuman, mirip dengan transaksi ekonomi, tetapi letak bedanya
pertukaran sosial tidak selalu dapat diukur dengan ganjaran ekstrinsik berupa uang
(upah), tetapi juga menyediakan ganjaran intrinsik berupa persahabatan, kepuasan,
dan mempertinggi harga diri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian
studi kasus instrinsik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan
wawancara. Teknik pemilihan informasi dilakukan dengan teknik purposive
sampling. Informan berjumlah 25 orang. Validitas data menggunakan teknik
triagulasi data. Analisa data menggunkan beberapa langkah yaitu: reduksi data,
penyajian data dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perilaku petugas
kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan belum sepenuhnya dapat
memberikan kepuasan kepada pengguna kartu Askes di rumah sakit M. Djamil
Padang. Prosedur yang kurang jelas diberikan oleh petugas kesehatan membuat pengguna Askes lama dan berbelit-belit dalam pengurusan mendapatkan
pelayanan kesehatan, sikap kurang ramah dari tenaga perawat kadang dirasakan
oleh pasien pengguna kartu Askes dalam hal pelayanan perawatan. Selain itu,
hubungan kerat dapat memberi pengaruh terhadap pelayanan yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:46
Last Modified: 03 Jul 2025 02:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15038

Actions (login required)

View Item
View Item