Pengaruh Penggunaan Aplikasi Prezi Sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X RPL SMK N 2 Padang Panjang Tahun Ajaran 2013/ 2014

Rusli, Harry (2014) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Prezi Sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X RPL SMK N 2 Padang Panjang Tahun Ajaran 2013/ 2014. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_HARRY_RUSLI_97892_3172_2014.pdf] Text
B1_5_HARRY_RUSLI_97892_3172_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan
menggunakan aplikasi prezi sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran
Kompetensi Kejuruan kelas X RPL semester ganjil SMK Negeri 2 Padang
Panjang Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah One Group Pretest
Posttest Design. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling
dengan sampling purposive, sebagai kelas eksperimen adalah X RPL 1. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest setiap
pertemuan, kemudian dianalisis untuk uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil
penelitian posttest kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 71,43,
sedangkan pretest kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 54,43. Hasil
perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung > ttabel yaitu
11,702 > 2,028, karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak
dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara penggunaan aplikasi prezi sebagai media
pembelajaran terhadap hasil belajar siswa mata diklat KK kelas X RPL di SMK
N 2 Padang Panjang Tahun Ajaran 2013/ 2014.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGGUNAAN APLIKASI PREZI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:45
Last Modified: 03 Jul 2025 02:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15035

Actions (login required)

View Item
View Item