Efektifitas Media Semi Konkrit Untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bagi Anak Tunagrahita Sedang Kelas III di SLB Negeri Ampek Angkek Kab. Agam ( Single Subjeck Research).

Elfira, Delli (2012) Efektifitas Media Semi Konkrit Untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bagi Anak Tunagrahita Sedang Kelas III di SLB Negeri Ampek Angkek Kab. Agam ( Single Subjeck Research). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_DELLI_ELFIRA_01126_327_2013.pdf] Text
B1_2_DELLI_ELFIRA_01126_327_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang nampak pada anak
tunagrahita sedangmengalami kesulitan dalam operasi hitung penjumlahan, anak
tidak bisa menyelesaikan soal penjumlahan dalam mata pelajaran matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mata
pelajaran matematika terutama penjumlahan yang hasilnya maksimal sampai
bilangan 5 dengan menggunakan media mobil-mobilan.
Metodologi yang peneliti gunakan adalah penelitian single sabject
research dengan desain penelitiannya yaitu desain A – B. Teknik analisis data
yang digunakan berdasarkan pengamatan data dalam bentuk visual analysis of
grafik.
Hasil penelitian dianalisis dengan analisis dalam kondisi dan analisis antar
kondisi. Panjang kondisi baseline sebanyak 6 kali dan kondisi intervensi 7 kali.
Arah kecenderungan data menunjukan garis yang terjal berarti ada perubahan
dalam kemampuan penjumlahan bilangan pada anak X kearah yang lebih
baik.pada kondisi baseline peningkatan nilainya 0%-30% dan pada kondisi
intervensi peningkatan nilainya 50%-90%. Jadi pada kondisi baseline tingkat
perubahan (30%) dan pada kondisi intervensi tingkat perubahan (40%). Dari hasil
perolehan data ini disimpulkan bahwa media semi konkret yang berupa mobilmobilan dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan
pada anak tunagrahita sedang kelas III. Disarankan bagi guru kelas atau guru mata
pelajaran matematika agar dapat menggunakan media semi konkret berupa mobilmobilan kepada anak tunagrahita sedang dalam mengajarkan menghitung bilangan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penjumlahan Bagi Anak Tunagrahita
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:44
Last Modified: 03 Jul 2025 02:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15032

Actions (login required)

View Item
View Item