Kontribusi Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Diklat Menerapkan Dasar-dasar Elektronika di SMKN 01 Koto XI Tarusan

Yasril, Harmis (2012) Kontribusi Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Diklat Menerapkan Dasar-dasar Elektronika di SMKN 01 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_HARMIS_YASRIL_74054_2255_2012.pdf] Text
B1_5_HARMIS_YASRIL_74054_2255_2012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Motivasi belajar adalah suatu dorongan kegiatan yang mendorong siswa agar bersedia menggunakan semua kemampuan dan waktunya dalam belajar, motivasi juga berfungsi untuk mendorong siswa agar bersedia melaksanakan tanggung jawabnya untuk belajar, jadi apabila belajar didasari oleh motivasi yang baik dan tinggi diharapkan nantinya menghasilkan hasil belajar yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi terhadap hasil belajar siswa dalam mata diklat Menerapkan Dasar-dasar Elektronika di SMK N 01 Koto XI Tarusan Tahun Ajaran 2010/2011.
Metode penelitian yang digunakan adalah motode analisis korelasional. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X teknik Audio Video di SMK Negeri 01 Koto XI Tarusan Tahun Ajaran 2010/2011, sebanyak 22 orang. Penelitian ini menggunakan 2 variabel, yaitu motivasi belajar sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar sebagai variabel terikat (Y). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data variabel X adalah berupa angket dalam bentuk skala likert berjumlah 36 buah pernyataan dan variabel Y adalah berupa nilai hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika yang didapat dari nilai ujian semester. Untuk menguji validitas angket digunakan rumus Pearson product moment. Berdasarkan hasil uji coba angket motivasi belajar yang telah dianalisis, terdapat 32 buah item pernyataan yang valid dan 4 buah item pernyataan yang tidak valid. Berdasarkan pada perhitungan reliabelitas angket di peroleh r hitung = 0,86, nilai r hitung dikategorikan ke dalam reliabilitas tinggi. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus korelasi pearson product moment. Hasil analisis korelasi antara motivasi dengan hasil belajar diperoleh nilai r hitung sebesar 0,846 dan nilai t hitung sebesar 7,132, karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (7,132 > 1,725), maka hipotesis diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata diklat Menerapkan Dasar-dasar Elektronika di SMK N 01 Koto XI Tarusan Tahun Ajaran 2010/2011. Hasil analisis terdapat kontribusi motivasi terhadap hasil belajar dalam mata diklat Menerapkan Dasar-dasar Elektronika di SMK N 01 Koto XI Tarusan sebesar 71,6%.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat Menerapkan Dasar-dasar Elektronika di SMK N 01 Koto XI Tarusan Tahun Ajaran 2010/2011. maka disarankan kepada guru mata diklat tersebut untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswanya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KONTRIBUSI MOTIVASI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:42
Last Modified: 03 Jul 2025 02:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15020

Actions (login required)

View Item
View Item