Februarita, Winda (2012) Pengaruh Penggunaan Model pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA Negeri 10 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_WNDA_FEBRUARITA_84826_2012.pdf [thumbnail of B1_4_WNDA_FEBRUARITA_84826_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_WNDA_FEBRUARITA_84826_2012.pdf
Download (681kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar sosiologi siswa di SMA Negeri 10 Sijunjung
disebabkan oleh, kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan oleh
guru dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Word Square merupakan
salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi
permasalahan pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan
dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Word
Square terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X SMA
Negeri 10 Sijunjung.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian
pretest–posttest control groupdesign. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X
SMA N 10 Sijunjung yang terdaftatar tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan
sampel dengan teknik Random kelompok, dimana sebagai kela control adalah
kelas X3 dan kelas eksperimen X2 yang berjumlah 30 orang.
Berdasarkan deskripsi data, diketahui nilai rata-rata postest kelas
eksperimen adalah7,4, sedangkan kelas control adalah4,3. Pengolahan data tes
dilakukan dengan menggunakan uji t. Setelah dianalisis diperoleh thitung 5,74
dengan taraf nyata 0,05 dan df58 diperoleh ttabel sebesar 2,02, karena thitung>ttabel
maka hipotesis penelitian diterima. Oleh karena itu, berdasarkan data di atas dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar
sosiologi siswa.Uji t juga dilakukan pada setiap konsep dasar, pada konsep dasar
penyebab perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna di
perolehthitung3,213pada konsep dasar jenis-jenis perilaku menyimpang thitung3,240,
pada konsep dasar teori perilaku menyimpangthitung 2,13, pada konsep dasar
bentuk-bentuk perilaku menyimpangthitung3,636, pada konsep dasar tipe-tipe
perilaku menyimpang diperolehthitung3,587, pada konsep dasar faktor-faktor
perilaku menyimpang thitug2,12dengan t table 2,02dandf58. Ini berarti dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square
dapat meningkatkan hasil belajar pada aspek pemahamankon sepsosiologi
kategori member contoh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:42 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 02:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15019 |