Yuridha, Merli (2018) indak Tutur Guru Bahasa Indonesia dan Respon Siswa dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas IX SMP Negeri 2 Ampek Angkek. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_MERLI_YURIDHA_1271_14016037_2018.pdf [thumbnail of B1_01_MERLI_YURIDHA_1271_14016037_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_MERLI_YURIDHA_1271_14016037_2018.pdf
Download (3MB)
Abstract
Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk berinteraksi
dengan orang lain. Interaksi tersebut membutuhkan tindakan yang dikenal dengan
tindak tutur. Salah satu jenis tindak tutur adalah tindak tutur direktif. Saat proses
belajar mengajar berlangsung guru menggunakan tindak tutur direktif. Tindak
tutur direktif digunakan dengan menggunakan strategi bertutur dan kesantunan
yang berpengaruh pada respon siswa dalam proses belajar mengajar. Oleh karena
itu, penelitian mengenai tindak tutur direktif guru perlu dilakukan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas IX SMP Negeri 2 Ampek
Angkek. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia SMP Negeri 2
Ampek Angkek, Ibu Desni Yurza dan siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ampek
Angkek. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri. Data yang telah
dikumpul dianalisis dengan cara mengklasifikasikan data tindak tutur direktif,
srtategi bertutur, kesantunan, dan respon siswa dalam proses belajar mengajar.
Bentuk tindak tutur direktif yang digunakan guru bahasa Indonesia dalam
proses belajar di kelas IX SMP Negeri 2 Ampek Angkek yaitu, tindak tutur
direktif menyuruh, memohon, menyarankan, menuntut, dan menantang. Strategi
bertutur yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar di kelas IX SMP
Negeri 2 Ampek Angkek yaitu, bertutur terus terang tanpa basa-basi, bertutur
dengan basa-basi kesantunan positif, bertutur dengan basa-basi kesantunan
negatif, dan bertutur samar-samar. Kesantunan berbahasa yang digunakan guru
dalam proses belajar mengajar di kelas IX SMP Negeri 2 Ampek Angkek yaitu,
maksim kebijaksanaan, masksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim
kesederhanaan, maksim kemufakatan, dan maksim kesimpatian. Respon yang
diberikan siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ampek Angkek yaitu, respon verbal dan
nonverbal.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan empat hal. Pertama, tindak tutur
direktif guru bahasa Indonesia di kelas IX SMP 2 Ampek Angkek dapat diataan
sudah baik. Kedua, strategi bertutur guru bahasa Indonesia di kelas IX SMP
Negeri 2 Ampek Angkek masih perlu ditingkatkan. Ketiga, prinsip kesantunan
berbahasa guru di kelas IX SMP Negeri 2 Ampek Angkek perlu diperbaiki.
Keempat, respon siswa di kelas IX SMP Negeri 2 Ampek Angkek terhadap tindak
tutur guru belum terjadi respon yang baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:31 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 02:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15010 |