Utama, Nanda (2014) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Kesiapan Siswa untuk Mengikuti Ujian di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NANDA_UTAMA_83210_4334_2014.pdf [thumbnail of B1_5_NANDA_UTAMA_83210_4334_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NANDA_UTAMA_83210_4334_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Untuk mengetahui apakah tujuan pendidikan sudah tercapai atau belum, makaperlu dilakukan ujian. Agar mendapatkan hasil yang baik dalam ujian diperlukanadanya kesiapan dari siswa, baik kesiapan secara fisik maupun secara psikis.Fenomena yang terjadi di SMP Pembangunan Laboratorium UNP, masih ada siswayang tidak memiliki kesiapan untuk mengikuti ujian. Layanan bimbingan kelompokmerupakan salah satu jenis layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkansiswa membahas hal-hal yang berguna dalam pengembangan potensinya sepertimembahas kesiapan untuk mengikuti ujian. Penelitian ini bertujuan untuk mengujiefektivitas layanan bimbingan kelompok terhadap kesiapan siswa untuk mengikutiujian.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain the nonequivalent control group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPPembangunan Laboratorium UNP, dimana 20 orang siswa kelas ini akan dibagimenjadi dua kelompok, 10 orang menjadi kelompok eksperimen yang diberikanperlakuan layanan bimbingan kelompok, dan 10 lainnya akan menjadi kelompokkontrol yang tidak diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok (diberikanlayanan informasi). Layanan bimbingan kelompok pada kelompok eksperimen danlayanan informasi pada kelompok kontrol diadakan sebanyak lima kali pertemuan.Data tentang kesiapan siswa untuk mengikuti ujian dikumpulkan melalui pretest danposttest, kemudian dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks test danKolmogorov-Smirnov Two Independet Sampel dengan bantuan program komputerSPSS versi 20.Temuan penelitian ini adalah 1) Terdapat perbedaan yang signifikan tentangkesiapan siswa untuk mengikuti ujian pada kelompok eksperimen sebelum (pretest)dan setelah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok (posttest), 2) Terdapatperbedaan yang signifikan tentang kesiapan siswa untuk mengikuti ujian padakelompok kontrol dalam hasil pretest dan posttest tanpa diberikan perlakuan layananbimbingan kelompok (diberikan layanan informasi), dan 3) Terdapat perbedaan yangsignifikan tentang kesiapan siswa mengikuti ujian antara kelompok eksperimen yangdiberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan kesiapan siswa untukmengikuti ujian pada kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan layananbimbingan kelompok (diberikan layanan informasi) pada hasil posttest. Berdasarkanhasil temuan di atas, disarankan kepada guru bimbingan dan konseling untukmelaksanakan layanan bimbingan kelompok secara rutin agar siswa memilikikesiapan yang baik di saat mengikuti ujian.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LAYANAN BIMBINGAN, SISWA |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 05:15 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 05:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15004 |