Harfanisda, Harfanisda (2012) Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar pada Kompetensi Instalasi Perangkat Lunak di Kelas X TKJ SMK Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_HARFANISDA_87657.pdf [thumbnail of B1_5_HARFANISDA_87657.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_HARFANISDA_87657.pdf
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 8 Padang pada kompetensi instalasi perangkat lunak (software), sehingga belum mencapai KKM yaitu 70.00. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar pada kompetensi instalasi perangkat lunak kelas X TKJ SMK Negeri 8 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 8 Padang yang terdaftar pada semester genap Tahun Ajaran 2011/2012. Sedangkan sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas X TKJ SMK N 8 Padang yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X TKJ 1 yang berjumlah sebanyak 30 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas X TKJ 2 yang berjumlah 33 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Adapun hipotesis penelitian “terdapatnya pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kompetensi instalasi perangkat lunak siswa kelas X TKJ SMK N 8 Padang”. Sebelum membuktikan hipotesis ada beberapa analiasa dilakukan., uji coba soal dikukan dalam bentuk soal objektif 30 soal dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji indeks kesukaran soal dan daya beda soal diperoleh soal yang valid 25 soal. Untuk menganalisa data dilakukan beberapa analisis uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah data di analisa diperoleh data normal dan homogen, hipotesis diterima dengan taraf kepercayaan 95%. Hal ini terlihat pada nilai rata-rata, kelas eksperimen memiliki rata-rata tinggi yaitu 78,73 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 71,03. Maka dapat disimpulkan metode pemebelajaran berbasis masalah dapat memepengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KOMPETENSI INSTALASI PERANGKAT LUNAK |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 05:14 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 05:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15000 |