Fijar, Najmiyatul (2013) Kontribusi Disiplin Belajar dan Sarana Prasarana terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Audio Video (TAV) pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Elektronika menggunakan Komputer di SMKN 1 Batipuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NAJMIYATUL_FIJAR_06166_627_2014.pdf [thumbnail of B1_5_NAJMIYATUL_FIJAR_06166_627_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NAJMIYATUL_FIJAR_06166_627_2014.pdf
Download (632kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar padamata pelajaran menggambar teknik elektronika menggunakan komputer Kelas XTeknik Audio Video (TAV) di SMK Negeri 1 Batipuh, 19,60% siswa masihbelum mendapatkan hasil belajar sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaranMTEMK yaitu 7,22 denganrentang nilai 0 – 100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkankontribusi disiplin belajar siswa dan sarana prasarana terhadap hasil belajar matapelajaran menggambar teknik elektronika menggunakan komputer Kelas XTeknik Audio Video (TAV) di SMK Negeri 1 Batipuh.Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bersifat deskriptif.Populasi penelitian berjumlah 51 siswa dan sampel berjumlah 34 siswa kelas XTAVSMKN 1 Batipuh.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simplerandom sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaranmenggambar teknik elektronika menggunakan komputer Kelas X Teknik AudioVideo (TAV) di SMK Negeri 1 Batipuh. Sedangkan data disiplin belajar siswadan sarana prasarana dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skalalikert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakanmetode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel 2007.Hasil analisis data menunjukkan: (1) Disiplin Belajar siswa memberikankontribusi sebesar 38,44% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Batipuh;(2) Sarana prasarana memberikan kontribusi sebesar 12,03% terhadap hasilbelajar siswa SMK Negeri 1 Batipuh; (3) Disiplin Belajar dan Sarana Prasaranasecara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 38,93% terhadap hasilbelajar siswa SMKN 1 Batipuh. Jadi dapat disimpulkan bahwa Disiplin Belajardan Sarana Prasarana berkontribusi terhadap hasil belajar, semakin tinggi disiplinbelajar siswa dalam menggunakan sarana prasarana yang ada, maka hasil belajarakan semakin tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DISIPLIN BELAJAR, HASIL BELAJAR, TEKNIKAUDIO VIDEO |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 03:40 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 03:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14993 |