Putri, Nadya Sari (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Dan Keterampilan 4C Pada Materi Teori Kinetik Gas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NADYA_SARI_PUTRI_17033027_5802_2021.pdf [thumbnail of B1_5_NADYA_SARI_PUTRI_17033027_5802_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NADYA_SARI_PUTRI_17033027_5802_2021.pdf
Download (4MB)
Abstract
Pembelajaran pada abad ke 21 ini siswa didorong untuk memilikipemahaman konsep dan keterampilan 4C sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013.Faktanya di lapangan pemahaman konsep dan keterampilan 4C siswa pada materiteori kinetik gas masih tergolong rendah. Salah satu solusi yang dapat mengatasirendahnya pemahaman konsep dan keterampilan 4C pada siswa pada materi teorikinetic gas yaitu mengembangkan multimedia interaktif berbasis konflik kogntif.Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristikproduk multimedia, mengetahui validitas, kepraktisan dan efetivitas produk padaujicoba small group.Penelitian ini adalah penelitian Pengembangan (Development/DesignResearch) menggunakan model pengembangan Plomp. Tahapannya ada 3 yaitu 1)Preliminary Research, 2) Develop and Prototyping Phase, 3) Assessment Phase,namun pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap Develop and PrototypingPhase pada tahap small grup. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian iniadalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas, dan lembar uji efektivitasberupa lembar tes konsep serta lembar penilaian kinerja keterampilan 4C. Validasidilakukan tenaga ahli oleh dosen fisika FMIPA, sumber data kepraktisan one toone dan small grup, sumber data efektifitas dari siswa kelas XI MIPA 3 SMA N13 Padang. Teknik analisis data untuk validasi instrumen dan produk mengunakanV Aiken, kepraktisan produk menggunakan teknik persentase, serta efektifitaspemahaman konsep dan keterampilan 4C menggunakan uji Wilcoxon.Hasil penelitian pada tahap Preliminary Research diperoleh hasilpemahaman konsep dan keterampilan 4C siswa pada materi Teori Kinetik Gastergolong rendah. Pada tahap Development or Prototype Phase diperoleh hasildidesain multimedia interaktif berbasis konflik kognitif dengan karakteritikdisusun berdasarkan 4 sintak model konflik kogitif dan menggunakan aplikasiAdobe Animate CC 2019. Hasil validasi oleh tenaga ahli dengan kategori sangatvalid yaitu 0,82. Hasil uji kepraktisan yaitu pada tahap self evaluation denganhasil sangat baik dengan nilai 96, tahap one to one dan small group diperolehhasil 88 dan 82 dengat kategori sangat baik, Hasil uji efektivitas diperolehmultimedia interaktif efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep danketerampilan 4C siswa. Dengan demikian penggunaaan multimedia interaktifberbasis konflik kognitif valid, praktis dan efektif untuk meningkatkanpemahaman konsep dan keterampilan 4C siswa pada uji coba small group.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MULTIMEDIA INTERAKTIF, KONFLIK KOGNITIF, PEMAHAMAN KONSEP |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 03:38 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 03:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14981 |