Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bermuatan Nilai-Nilai Karakter pada Konsep Alat-alat Optik dan Suhu Kalor untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA

Gani, Handi Haria (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bermuatan Nilai-Nilai Karakter pada Konsep Alat-alat Optik dan Suhu Kalor untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_HANDI_HARIA_GANI_12738_802_2014.pdf] Text
B1_5_HANDI_HARIA_GANI_12738_802_2014.pdf

Download (831kB)

Abstract

Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional, salah satunya dengan cara mengintegrasikan pendidikan berkarakter. Pendidikan bermuatan karakter diterapkan dalam proses pembelajaran formal sesuai dengan kurikulum yang digunakan saat ini. Untuk mendukung proses pembelajaran yang diharapkan maka dibutuhkan pula perangkat pembelajaran yang sesuai juga. Perangkat pembelajaran inilah yang belum disusun secara baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP,dan LKS bermuatan nilai-nilai karakter pada konsep alat-alat optik, suhu, dan kalor yang valid, praktis dan efektif dan mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektivan perangkat pembelajaran bermuatan nilai-nilai karakter.
Objek dari penelitian Research and Development (R&D) adalah perangkat pembelajaran bermuatan nilai-nilai karakter yang diujicobakan kepada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bonjol yang berjumlah 35 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validitas, lembar uji praktikalitas menurut guru fisika, lembar uji praktikalitas menurut siswa, lembar efektivitas oleh siswa dan tes hasil belajar dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotor yang akan diuji cobakan secara terbatas.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, perangkat pembelajaran memiliki validitas sangat valid. Kedua, nilai kepraktisan perangkat pembelajaran bermuatan nilai-nilai karakter menurut guru fisika dan siswa sebagai praktisi adalah sangat praktis. Ketiga, penggunaan perangkat pembelajaran bermuatan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran fisika adalah efektif yang ditandai dengan hasil angket efektifitas oleh siswa dalam katergori sangat efektif dan terjadi peningkatan hasil belajar fisika siswa berarti dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERANGKAT PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:17
Last Modified: 01 Jul 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14972

Actions (login required)

View Item
View Item