Pengembangan Penilaian Berbasis Portofolio pada Pembelajaran Menggunakan Alat Ukur Elektronika di SMK Negeri 1 Padang

Usri, Hafiz (2015) Pengembangan Penilaian Berbasis Portofolio pada Pembelajaran Menggunakan Alat Ukur Elektronika di SMK Negeri 1 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_HAFIZ_USRI_1308873_43_2016.pdf] Text
B1_5_HAFIZ_USRI_1308873_43_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penilaian berbasis portofolio sangat menguntungkan bagi peserta didik maupun guru, di samping mengaktifkan siswa, portofolio memberikan kesempatan pada siswa untuk ikut serta dalam penilaian atas dirinya. Berdasarkan observasi yang dilakukan, penilaian berbasis portofolio yang dilakukan di SMK N 1 Kota Padang memiliki beberapa kelemahan, diantaranya masih ada anggapan guru yang merasa penilaian berbasis portofolio belum cocok dengan pembelajaran, dianggap belum cocok karena dengan penilaian portofolio ini guru masih tetap menitik beratkan penilaian dengan menggunakan cara lainnya. Hal ini terjadi karena tidak adanya format dan acuan penilaian berbasis portofolio. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bentuk format penilaian berbasis portofolio pada pembelajaran Menggunakan Alat Ukur Elektronika di SMK Negeri 1 Padang, (2) menghasilkan validitas format penilaian berbasis portofolio pada pembelajaran Menggunakan Alat Ukur Elektronika di SMK Negeri 1 Padang, (3) menghasilkan praktikalitas format penilaian berbasis portofolio pada pembelajaran Menggunakan Alat Ukur Elektronika di SMK Negeri 1 Padang, (4) menghasilkan efektivitas format penilaian berbasis portofolio pada pembelajaran Menggunakan Alat Ukur Elektronika di SMK Negeri 1 Padang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R and D), dan model pengembangan 4-D, adapun prosedur pengembangan 4-D yaitu Define, Design, develop dan disseminate. Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh ahli, guru, dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan instrumen penilaian hasil belajar siswa berbasis Portofolio.
Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Validitas isi penilaian berbasis portofolio dinyatakan valid pada aspek desain produk dengan total nilai validitas adalah 87,66%, pada aspek penyajian dinyatakan valid dengan total nilai 87%, dan pada aspek penyajian dinyatakan valid dengan total nilai 89,55% (2) Praktikalitas instrumen penilaian berbasis Portofolio berdasarkan respon guru dinyatakan sangat praktis dengan total nilai 92,5%, dan berdasarkan respon siswa dinyatakan praktis dengan total nilai 91,8% (3) Efektivitas format penilaian berbasis Portofolio dinyatakan efektif digunakan sebagai alat evaluasi atau penilaian hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa format penilaian berbasis Portofolio ini valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai alat evaluasi atau penilaian hasil belajar pada pembelajaran Menggunakan Alat Ukur Elektronika

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: ALAT UKUR ELEKTRONIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S2
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:16
Last Modified: 01 Jul 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14968

Actions (login required)

View Item
View Item