Nugraha, Hafiz (2014) Kontribusi Kebiasaan Belajar di Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Jaringan Dasar Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_HAFIZ_NUGRAHA_06453_5771_2014.pdf [thumbnail of B1_5_HAFIZ_NUGRAHA_06453_5771_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_HAFIZ_NUGRAHA_06453_5771_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah masih kurang baiknya hasil belajar pada siswa kelas X TKJ di SMK N 2 Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan Kontribusi Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Di SMK Negeri 2 Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) terdapat kontribusi kebiasaan belajar terhadap hasil belajar, 2) terdapat kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar, 3) terdapat kontribusi kebiasaan belajar dan motivasi belajar secara bersama – sama terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini melibatkan 64 responden siswa kelas X jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 2 Padang.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi penelitian berjumlah 64 orang siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 2 Padang dan semuanya dijadikan sampel penelitian. Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran Jaringan Dasar SMK Negeri 2 Padang. Sedangkan data Kebiasaan belajar dan Motivasi belajar dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel 2007.
Hasil analisis data menunjukkan : 1) kebiasaan belajar memberikan kontribusi sebesar 12,3% terhadap hasil belajar siswa, 2) motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 9,2% terhadap hasil belajar siswa, 3) kebiasaan belajar dan motivasi belajar secara bersama – sama memberikan kontribusi sebesar 15,8% terhadap hasil belajar pada siswa kelas X jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK N 2 Padang. Hal ini berarti bahwa kontribusi kebiasaan belajar dan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar, semakin baik kebiasaan belajar dan semakin tinggi motivasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar, maka hasil belajar akan semakin tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KONTRIBUSI KEBIASAN BELAJAR |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 08:16 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 08:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14967 |