Gambaran Minat Belajar Sejarah Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan

Anggraini, Delfi (2012) Gambaran Minat Belajar Sejarah Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_DELFI_ANGGRAINI_68103_1153_2012.pdf] Text
B1_2_DELFI_ANGGRAINI_68103_1153_2012.pdf

Download (614kB)

Abstract

Minat memegang peranan penting dalam kehidupan manusia karena
menjadi sumber motivasi dalam melakukan sesuatu. Begitu juga dalam proses
pembelajaran sangat diperlukan sekali adanya minat peserta didik. Fenomena
yang tampak di MTsN Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan merupakan
sekolah berlandasan agama Islam rata-rata siswa berminat dengan pelajaran
agama disebabkan tujuan mereka bersekolah MTsN Pancung Soal Kabupaten
Pesisir Selatan untuk memperdalam ilmu agama dan sedikitnya jam pelajaran
sejarah juga dapat mempengaruhi minat belajar siswa, oleh karena itu perlu
dilakukan penelitian. Minat dilihat dari indikator yang memuat suatu rasa atau
lebih. Indikator minat ini dapat menemukan minat siswa dilihat dari kecendrungan
menetap, perasaan tertarik, perasaan senang dan sikap positif. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran minat dalam pembelajaran IPS
Sejarah di MTs Negeri Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan.
Penelitan ini tergolong pada penelitian kualitatif dengan studi evaluatif.
Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara terhadap
responden dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif,
melalui beberapa tahapan yaitu : reduksi Data, penyajian data, pengambilan
kesimpulan dan verifikasi data, serta membuat laporan hasil penelitian.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa, minat belajar sejarah siswa
dapat digambarkan, yaitu : 1) minat belajar siswa dilihat dari sikap kecendrungan
menetap dalam proses pembelajaran terutama kemampuan mengenang atau
mengulagi materi yang telah dipelajari maupun memperhatikan pelajaran,
sebagian besar siswa belum mampu untuk mengenang kembali apa yang telah di
pelajari. Hal ini disebabkan oleh gaya mengajar guru yang kurang menarik bagi
siswa, guru tidak mampu memvariasikan metode pembelajaran, guru hanya
menggunakan metode ceramah saja. 2) minat belajar siswa dilihat dari rasa
ketertarikan pada pembelajaran Sejarah terutama Sikap rasa ingin tahu dan
perasaan menyukai apa yang dipelajari, siswa yang berminat pada suatu
pembelajaran akan menimbulkan suatu ransangan kegembiraan untuk mengikuti
pembelajarandan merasa rugi kalau tidak mengikuti pelajaran. 3) minat belajar
siswa dilihat dari rasa perasaan senang. Saat proses pembelajaran Sejarah siswa
kurang menikmati pembelajaran tersebut dan siswa selalu gelisah, selalu membuat
keributan dalam lokal disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan
guru membosankan bagi siswa, 4) minat belajar siswa dilihat dari perubahan sikap
kearah positif belum memperlihatkan seperti apa yang diharapkan. Sebagian siswa
malas untuk membuat tugas serta memiliki cara belajar yang kurang baik karena
kurangnya sarana penunjang pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa di
MTs Negeri Pancung Soal dalam pembelajaran Sejarah sebagian besar siswa
mimiliki rasa ingin tahu yang tinggi serta bersifat acuh tak acuh terhadap apa yang
sedang dipelajari. Di sebabkan karena guru tidak mampu memvariasikan metode
pembelajaran, guru hanya mengunakan metode ceramah saja.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:16
Last Modified: 01 Jul 2025 08:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14966

Actions (login required)

View Item
View Item