Budaya Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA N 11 Padang

Megawati, Dela (2021) Budaya Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA N 11 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_DELA_MEGAWATI_16046048_364_2021.pdf] Text
B1_2_DELA_MEGAWATI_16046048_364_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada siswa kelas
XI IPA dan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Padang dalam mata pelajaran
sejarah. Dimana jam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 3 jam dalam satu
minggu, sedangkan jam mata pelajaran sejarah di kelas IPA 1 jam dalam satu
minggu. Tetapi hasil belajar siswa kelas IPS dalam mata pelajaran sejarah lebih
rendah dari pada siswa kelas IPA.Sehubungan dengan itu ,penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Apakah terdapat perbedaan budaya belajar sejarah antara siswa
IPA dan IPS siswa SMA Negeri 11 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA dan siswa kelas XI IPS
SMA Negeri 11 Padang yang terdiri dari 285 orang. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 45 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas XI IPA dan 20 siswa kelas XI
IPS . Pengambilan sampel ditentukan dengan random sampling yaitu secara acak.
Data budaya belajar sejarah siswa kelas XI IPA dan siswa kelas XI IPS di peroleh
dari penyebaran angket dengan skala pengukuran skala likert. Teknik analisa data
yang digunakan dalam penelitian ini rumus uji T-test.
Dari analisis data hasil penelitian yang mengunakan uji t-test terdapat bahwa
t-hitung lebih besar dari t-tabel dimana t-hitung 6,1> t-tabel 2,1 yang berarti
secara statistic terdapat perbedaan budaya belajar antara siswa kelas XI IPA dan
siswa kelas XI IPS dalam mata pelajaran Sejarah dan dari hasil uji t.test semua
indikator yang terdiri dari 6 indikator menyatakan bahwa t-hitung lebih besar
daripada t-tabel. Hal ini disebabkan adanya kebiasaan belajar yang kurang baik,
sehingga budaya belajar yang dihasilkan siswa juga kurang baik dan berakibat
kepada hasil belajar.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan antara budaya belajar siswa kelas XI IPA dan siswa kelas XI
IPS dalam mata pelajaran Sejarah di SMA N 11 Padang yang dapat dilihat dari
hasil uji hipotesis nilai t-hitung 6,1 dan t-tabel 2,1 pada α = 0.05. Dapat juga
dibuktikan dengan rata rata siswa kelas XI IPA 88% lebih baik dari siswa kelas XI IPS dengan rata - rata 74%

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Budaya Belajar Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:16
Last Modified: 01 Jul 2025 08:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14965

Actions (login required)

View Item
View Item