The Analysis of Persuasive Discourse Produced by Telkomsel Personal Representative in offering Products to Customers

Febrian, Wingga (2012) The Analysis of Persuasive Discourse Produced by Telkomsel Personal Representative in offering Products to Customers. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_WINGGA_FEBRIAN_86820_5852_2012.pdf] Text
B1_4_WINGGA_FEBRIAN_86820_5852_2012.pdf

Download (658kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Generic Structure atau pola interaksi yang terjadi antara TPR dan pelanggan dan Lexicogrammatical Features sebagai kata-kata persuasif yang digunakan oleh TPR dalam menawarkan produk kepada pelanggan.
Subjek yang diteliti adalah TPR atau disebut juga dengan Telkomsel Personal Representative. Interaksi percakapan yang dihasilkan oleh TPR dan pelanggan dianalisis dalam bentuk teks dan sekaligus menjadi data dari penelitian ini. Metode yang digunakan untuk menemukan Generic Structure dianalisis menggunakan teori GSP (Generic Sturcture Potential) oleh Hasan dan Haliday (1978). Sementara itu Lexicogrammatical Features sebagai kata-kata persuasif yang digunakan oleh TPR dalam menawarkan produk kepada pelanggan diklasifikasikan dengan menggunakan teori Johnson and Cluff (1999).
Hasil penelitian menunjukan bahwa semua elemen Generic Structure Potential ditemukan dari seluruh interaksi percakapan: G, SI, SP, SIR, NSIR, SR, SC, SE, S, P, PC, and F. Namun elemen Generic Structure yang sering muncul adalah SE (Sale Enquiry) (70, 9 %) dan SP (10, 9%). Dan klasifikasi Lexicogrammatical Features atau kata-kata persuasif yang sering digunakan oleh TPR dalam menawarkan produk adalah Misc power words (33%) dan to communicate quality (11,4%). Secara umum kata-kata persuasif ditemukan dalam salah satu elemen dari Generic Structure, yaitu SP (Sale Persuasion).
Dan Generic Structure yang dihasilkan oleh TPR dan pelanggan secara umum adalah
[(G) • ^ (SI) ^] [(SE•) ^ (S•) ^ (SIR•) ^ (NSIR•) ^ (SR•) ^ (SP•) ^ (SC•)] (P) ^ (PC) ^ (F).
Semua elemen dibentuk dalam pola urut berdasarkan ke 30 interaksi antara TPR dan pelanggan. Pola ini menunjukan bahwa elemen SE, S, SIR, NSIR, SR, SC sering tejadi didalam percakapan antara TPR dan pelanggan, dan elemen G sebagai awal dari interaksi atau (Greeting) antara TPR dan pelanggan, dan F (Finish) sebagai penutup dari suatu percakapan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:15
Last Modified: 01 Jul 2025 08:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14955

Actions (login required)

View Item
View Item