Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang

Fitriyeni, Fitriyeni (2015) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_FITRIYENI_54838_6192_2016.pdf] Text
B1_01_FITRIYENI_54838_6192_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan siswa untuk memahami konsep, situasi dan fakta yang diketahui, serta dapat menjelaskan dengan bahasanya sendiri dan sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya tanpa mengubah arti. Namun, kenyataannya pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang masih rendah dan mereka masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model Think Talk Write (TTW). TTW merupakan suatu metode yang dapat membantu siswa aktif untuk menemukan dan memahami konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan Think Talk Write lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 13 Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 277 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, kelas VII.4 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal uraian untuk melihat pemahaman konsep matematis siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh P-value = 0,011 dengan . Karena P-value < , maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan Think Talk Write lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 13 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 12 Feb 2025 05:39
Last Modified: 12 Feb 2025 05:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1495

Actions (login required)

View Item
View Item