Types of Illocutionary Acts Found in Internet Beverage Advertisements

Elfanora, Elfanora (2012) Types of Illocutionary Acts Found in Internet Beverage Advertisements. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ELFANORA_64167_2582_2012.pdf] Text
B1_4_ELFANORA_64167_2582_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tindak ilokusi yang muncul dalam iklan minuman yang terdapat di internet. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori mengenai tindak ilokusi yang dikemukakan oleh Frank Parker dan teori mengenai illocutionary force yang dikemukakan oleh Crystal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini diambil dari ekpresi-ekpresi iklan minuman di internet. terdapat empat puluh data dalam penelitian ini. Dari empat puluh data ini, peneliti menganalis empat tipe tindak ilokusi. Empat tipe tindak ilokusi tersebut adalah Direct literal, Direct non-literal, Indirect literal, dan Indirect non-literal.
Dari hasil penelitian, tipe tindak ilokusi yang sering digunakan oleh pembuat iklan adalah tipe Direct literal. Sedangkan tipe illocutionary force yang ditemukan dari penelitian ini adalah promise. Tipe ini dapat dikategorikan menjdi dua yaitu strong dan weak. Dari tipe tindak ilokusi, Direct literal paling sering ditemukan dalam penelitian ini dan tipe strong promise sebagai kategori yang paling banyak ditemukan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:05
Last Modified: 01 Jul 2025 03:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14945

Actions (login required)

View Item
View Item