Apersa, Riri Awalia (2014) Penerapan Bahan Ajar Berbasis Advance Organizer melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe MURDER pada Siswa Kelas XI Semester 1 di SMA Negeri 3 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RIRI_AWALIA_APERSA_16029_2014.pdf [thumbnail of B1_5_RIRI_AWALIA_APERSA_16029_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RIRI_AWALIA_APERSA_16029_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pencapaian hasil belajar akan lebih optimal dicapai oleh siswa jika bahan ajar yang digunakan memiliki kebermaknaan konsep antara konsep yang satu dengan yang lainnya serta terciptanya suasana belajar yang menyenangkan, sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa. Untuk mencapai tujuan ini, pembelajaran “Kooperatif tipe MURDER” merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang dipandang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Begitu juga bahan ajar berbasis Advance Organizer merupakan suatu alternatif sumber pembelajaran yang dapat digunakan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis Advance Organizer melalui model pembelajaran kooperatif tipe MURDER terhadap Pencapaian hasil belajar siswa SMA N 3 Solok. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu “(Quasi Experiment Research)” dengan rancangan “Randomized Control Group Only Design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA N 3 Solok yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2013/2014 terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, sehingga terpilih kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi hasil belajar dari tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, format observasi ranah afektif dan lembaran penilaian psikomotor. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: 1) Pada ranah kognitif diperoleh rata-rata kelas eksperimen 73,59 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 66,82, 2) Pada ranah afektif rata-rata kelas eksperimen 81,1, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 76,03, 3) Pada ranah psikomotor, didapatkan rata-rata kelas eksperimen 80,17 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 76,03. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti antara hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar berbasis Advance Organizer pada model pembelajaran kooperatif tipe MURDER pada taraf nyata 0,05
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAHAN AJAR BERBASIS ADVANCE ORGANIZER, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MURDER |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 09:50 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 09:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14937 |