Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara di SMK Negeri 3 Pariaman

Jaya, Rio (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara di SMK Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RIO_JAYA_15065006_5406_2019.pdf] Text
B1_5_RIO_JAYA_15065006_5406_2019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh positif penerapan model pembelajaran Student Team Achiement Divisions(STAD) terhadap hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara di SMK N3 Pariaman tahun ajaran 2019 /2020. Jenis penelitian adalah metode eksperimen dengan bentuk desain Quasi Experimental Design, sampel diambil menggunakan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive pertimbangan tetentu, didapatlkan X TPTU A sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dan X TPTU B sebagai kelas Ekperimen yang menggunakan model pembelajaran STAD, Dari hasil penelitian yang dilakukan pada kelas ekperimen didapatkan nilai rata-rata 82.64 dan pada kelas kontrol 75,03 yang berdistribusi normal dan homogen setelah di ujikan. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 didapatkan thitung sebesar 3,629 lebih besar dari ttabel yaitu 1,672. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, jadi dapat disimpulkan model pembelajaran STAD berpengaruh positif terhadap hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika di SMK N3 Pariaman

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN STAD , KOOPERATIF , DLE , TPTU
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 30 Jun 2025 09:33
Last Modified: 30 Jun 2025 09:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14935

Actions (login required)

View Item
View Item