Wadi, Rio Indra (2016) Hubungan Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Sarana Belajar dengan Hasil Belajar Seni Budaya dalam Bidang Seni Budaya Dalam Bidang Seni Rupa Kelas VII di SMPN 16 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RIO_INDRA_WADI_1201114_3970_2016.pdf [thumbnail of B1_5_RIO_INDRA_WADI_1201114_3970_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RIO_INDRA_WADI_1201114_3970_2016.pdf
Download (975kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan motivasi belajar dan pemanfaatan sarana belajar dengan hasil belajar siswa SMPN 16 Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) Ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas VII di SMP N 16 Padang, 2) Ada hubungan pemanfaatan sarana belajar dengan hasil belajar siswa kelas VII di SMP N 16 Padang dan 3) Ada hubungan motivasi dan Pemanfaatan sarana belajar dengan hasil belajar siswa kelas VII di SMP N 16 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII/1, VII/2, VII/3, VII/4, VII/5, VII/6, VII/7, yang berjumlah 247 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 105 orang siswa. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Dalam penelitian ini, data yang dikumpulkan ada dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini diambil dari hasil angket tentang motivasi belajar dan pemanfaatan sarana belajar siswa, sedangkan data sekunder diambil dari dokumentasi nilai hasil belajar siswa dari guru bidang studi Mata Pelajaran seni budaya di SMPN 16 Padang. Jenis analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik korelasi product moment yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar , tingkat koefisien korelasi adalah 0,250*, angka signifikan sebesar 0,010 < 0,05 maka hipotesis diterima, hasil hubungan pemanfaatan sarana belajar dengan hasil belajar, tingkat koefesien korelasi adalah 0,925**, angka signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka hipotesis diterima, hasil hubungan motivasi dan pemanfaatan sarana belajar dengan hasil belajar, tingkat koefesien korelasi adalah 0,294**, angka signifikan sebesar 0,002< 0,05 maka hipotesis diterima.Motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 6,25 % dengan hasil belajar Seni Rupa siswa di SMP N 16 Padang. Sedangkan selebihnya 93,75 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, pemanfaatan sarana belajar memberikan kontribusi sebesar 85,5 % dengan hasil belajar Seni Rupa siswa di SMP N 16 Padang. Sedangkan selebihnya 14,5 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, motivasi dan pemanfaatan sarana belajar memberikan kontribusi sebesar 8,64 % dengan hasil belajar Seni Rupa siswa di SMP N 16 Padang. Sedangkan selebihnya 91,4 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain Penelitian menyimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar dan ada hubungan pemanfaatan sarana belajar dengan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 16 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI DAN PEMANFAATAN SARANA BELAJAR, HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DALAM BIDANG SENI RUPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NB Sculpture |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 09:33 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 09:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14934 |