Ridha, Elfa (2012) Pengaruh Penerapan Strategi Active Learning Tipe Learning Starts Whith Question (LSQ) Dengan Pengerjaan Lembaran Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII di SMP N 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_Elfa Ridha_86203.pdf [thumbnail of B1_4_Elfa Ridha_86203.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_Elfa Ridha_86203.pdf
Download (292kB)
Abstract
Masalah yang sering ditemui dalam pendidikan khususnya pada mata
pelajaran biologi di SMP N 9 Padang adalah rendahnya hasil belajar siswa yang
disebabkan karena guru belum mampu membentuk pembelajaran yang aktif,
inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Peningkatan hasil belajar dapat
diwujudkan dengan pendekatan, metode, model dan strategi belajar yang sesuai,
salah satunya strategi Active Learning tipe Learning Starts Whith Question(LSQ).
Dengan pembelajaran ini diharapkan meningkatkan pemahaman hasil belajar
biologi siswa. Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui pengaruh pengerjaan
LKS pada strategi Active Learning tipe Learning Starts Whith Question(LSQ)
terhadap hasil belajar biologi siswa Kelas VIII di SMP N 9 Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen rancangan penelitian
Randomize Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP N 9 Padang. Sampel dalam penelitian di
ambil dengan menggunakan Random sampling, sehingga diperoleh kelas VIII.2
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa berupa pilihan ganda
sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji-t dengan kriteria jika thitung >
ttabel hipotesis diterima dan sebaliknya.
Berdasarkan analisis data terlihat bahwa kelas eksperimen memiliki nilai ratarata
(76,80) lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol (67,17). Dari uji hipotesis
yang dilakukan pada taraf nyata 0,05 didapatkan thitung 4,72 dan harga ttabel 1,67
pada derajat kebebasan 58, berarti hipotesis yang diajukan dapat diterima. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa strategi Active Learning tipe Learning Starts
Whith Question(LSQ) dengan pengerjaan LKS memberi pengaruh positif terhadap
hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMP N 9 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 09:33 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 09:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14933 |