Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS di kelas VII -7 SMP Negeri 3 Bukittinggi

Elvino, Elen (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS di kelas VII -7 SMP Negeri 3 Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ELEN_ELVINO_1104190_3223_2015.pdf] Text
B1_4_ELEN_ELVINO_1104190_3223_2015.pdf

Download (364kB)

Abstract

Pembelajaran IPS sebagai salah satu yang berkaitan langsung dengan
kehidupan sehari-hari dan diperlukan dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan
Sosial. Namun kenyataannya menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS masih rendah, satu faktornya adalah model pembelajaran yang
tidak tepatnya dalam pembelajaran. Pembelajaran IPS dilakukan oleh guru
pada umumnya kurang variatif, interaktif, cendrung satu arah dan kurang
menimbulkan semangat siswa dalam belajar, sehingga pada akhirnya hasil belajar
IPS siswa kurang maksimal. Cara yang tepat untuk memperbaiki kondisi tersebut
adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan
membuat aktivitas dalam belajar siswa meningkat di SMP Negeri 3
Bukittinggi.Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-7 SMP N 3 Bukittinggi yang
berjumlah 27 orang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK )yang
dilaksanakan dua siklus, terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,
tindakan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-7
SMP N 3 Bukittinggi yang berjumlah 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan
terdapat aktivitas belajar dari kategori (sedang) pada siklus I menjadi kategori (
tinggi) pada siklus II, dan aktivitas yang terjadi pada siswa, diantaranya:
memperhatikan penjelasan guru, mengajukan pertanyaan, berdiskusi dengan
kelompoknya, bersemangat dalam belajar, menyerahkan lembaran kerja siswa
tepat waktu.
Data penelitian aktivitas hasil belajar ini dikumpulkan melalui lembaran
observasi aktivitas siswa, hasil tes belajar , catatan lapangan dan foto kegiatan,
juga dianalisis dengan menggunakan teknik persen. Hasil penelitian menunjukan
persentase hasil belajar siswa yang mencapai KKM dari pra siklus, pada siklus I
dan siklus II meningkat. Simpulan bahwa melalui penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa dikelas VII-7 SMP Negeri 3 Bukittinggi

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: G Geography
L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Geografi-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 30 Jun 2025 09:32
Last Modified: 30 Jun 2025 09:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14932

Actions (login required)

View Item
View Item