Novita, Winda (2012) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu dan Konvensional Pada Mata Pelajaran Menggunakan Hasil Pengukuran di SMKN 1 Lintau Buo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_WINDA NOVITA_06102_2012_3813.pdf [thumbnail of B1_4_WINDA NOVITA_06102_2012_3813.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_WINDA NOVITA_06102_2012_3813.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran yang berpusat pada guru berdampak terhadap kurang optimalnya kemampuan berfikir siswa. Selain itu siswa juga sulit untuk memahami materi pembelajaran, sehingga siswa menjadi tidak aktif di dalam kelas. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa adalah metode kooperatif. Dua Tinggal Dua Tamu merupakan metode kooperatif yang dikembangkan oleh Spencer Kagan dan dapat diterapkan untuk semua mata pelajaran dan tingkatan umur, setiap kelompok akan saling berbagi informasi dengan kelompok lain. Berdasarkan kenyataan tersebut perlu dilakukan penelitian tentang perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe Dua Tinggal Dua Tamu dan Konvensional mata pelajaran Menggunakan Hasil Pengukuran di SMKN 1 Lintau Buo.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi eksperiment), dengan subjek penelitian siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Lintau Buo. Penentuan kelas dilakukan secara acak dari kelas yang sudah ada, yakni terpilih kelas X TITL A yang berjumlah 16 orang sebagai kelas eksperimen dan X TITL B yang berjumlah 16 orang sebagai kelas kontrol. Untuk melihat kemampuan awal siswa dilakukan analisis rata-rata hasil belajar. Penentuan kelas secara acak dapat dilakukan karena rata-rata hasil belajar siswa kelas X TITL tidak berbeda secara signifikan, yang berarti siswa memiliki kemampuan awal yang sama.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil posttest berupa soal objektif sebanyak 17 butir soal. Data hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata.
Dari hasil penelitian terlihat hasil belajar siswa yang menggunakan metode Dua Tinggal Dua memiliki rata-rata nilai 75,69 dan hasil belajar siswa yang menggunakan metode yang konvensional memiliki rata-rata nilai 65. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe Dua Tinggal Dua Tamu dan Konvensional mata pelajaran Menggunakan Hasil Pengukuran di SMKN 1 Lintau Buo.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 09:30 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 09:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14921 |