Adaptasi Mahasiswa Non Minang Universitas Negeri Padang

Hikmi, Wilsa Ayu (2014) Adaptasi Mahasiswa Non Minang Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_WILSA_AYU_HIKMI_02444_1107_2014.pdf] Text
B1_4_WILSA_AYU_HIKMI_02444_1107_2014.pdf

Download (895kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap
banyaknya mahasiswa non Minang yang belajar di UNP, khususnya mahasiswa
non Minang yang berasal dari luar Sumbar. Permasalahannya, yaitu bagaimana
adaptasi mahasiswa non Minang yang belajar di kampus UNP terutama adaptasi
erhadap lingkungan kampus dan kos.
Penelitian ini berlandaskan pada teori AGIL Talcott Parsons, salah satu
fungsi yang dikemukakan Parsons adalah adaptasi yang menjelaskan sebuah
sistem harus menanggulangi situasi eksternal yang gawat. Sistem harus
menyesuaikan diri dengan lingkungan dan menyesuaikan lingkungan dengan
kebutuhannya. Mahasiswa non minang sebagai sebuah sistem harus mampu
menyesuaiakan diri dengan lingkungan dan menyesuaikan lingkungan dengan
kebutuhannya. Dalam penggunaa skema AGIL Parsons membahas tentang empat
sistem tindakan: (1) organisme pelaku adalah sistem tindakan yang melaksanakan
fungsi adaptasi dengan menyesuaikan diri dengan dan mengubah lingkungan
eksternal; (2) sistem kepribadia melakukan fungsi pencapaian tujuan dengan
menetapkan tujuan sistem dan memobilisasi sumber daya yang ada untuk
mencapainya; (3) sistem sosial menanggulangi fungsi integrasi dengan
mengendalikan bagian-bagian yang menjadi komponennya; (4) sistem kultural
melaksanakan fungsi pemeliharaan pola dengan menyediakan aktor seperangkat
norma dan nilai yang memotivasi mereka untuk bertindak.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedekatan
kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Pemilihan informan dilakukan
dengan cara snowball sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah 32 orang
dengan rincian 26 orang mahasiswa non Minang, 4 orang teman mahasiswa non
Minang yang orang Minang, dan 2 orang pemilik kos. Data dikumpulkan dengan
observasi partisipasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Pengujian
keabsahan data menggunakan triangulasi data dengan cara membandingkan data
hasil pengamatan dengan wawancara sehingga didapatkan data yang valid dan
akurat. Selanjutnya dianalisis dengan model interaktif analisis yang dikemukakan
oleh Miles dan Huberman melalui langkah-langkah yaitu: mereduksi data,
mendisplay data, dan penarikan kesimpulan.
Temuan di lapangan mengungkapkan bahwa proses adaptasi mahasiswa
non Minang yang belajar di kampus UNP sebagai berikut: (A) belajar tata cara
berbahasa Minang, yang meliputi: (1) belajar Bahasa Minang dengan teman
kampus, (2) belajar Bahasa Minang dengan teman kos/asrama, dan (3) belajar
Bahasa Minang dengan teman di organisasi daerah asal, (B) adaptasi makanan,
dan (C) adaptasi terhadap norma dan nilai sosial

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 30 Jun 2025 09:30
Last Modified: 30 Jun 2025 09:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14920

Actions (login required)

View Item
View Item