Pencapaian Tugas Perkembangan Siswa Serta Implikasi terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di MTsN Lubuk Buaya Padang

Ruspandi, Rudi (2015) Pencapaian Tugas Perkembangan Siswa Serta Implikasi terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di MTsN Lubuk Buaya Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RUDI_RUSPANDI_54163_1434_2015.pdf] Text
B1_5_RUDI_RUSPANDI_54163_1434_2015.pdf

Download (737kB)

Abstract

Tugas perkembangan yang dijalani siswa pada masa remaja menuntut siswa agar dapat bersikap, berfikir dan berperilaku sesuai dengan eksistensinya sebagai seorang remaja di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan
pencapaian tugas perkembangan siswa serta implikasinya terhadap layanan Bimbingan dan Konseling di MTsN Lubuk Buaya Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa MTsN Lubuk Buaya Padang sejumlah 624 orang siswa, dengan sampel sebanyak 86 orang yang dipilih dengan teknik
proportional random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pencapaian tugas perkembangan
siswa di MTsN Lubuk Buaya Padang pada kategori tercapai dengan rincian; (1) mencapai hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya baik pria maupun wanita sebagian besar berada pada kategori “tercapai”, (2) mencapai
peran sosial pria dan wanita sebagian besar berada pada kategori “sangat tercapai”, (3) menerima keadaan fisik dan menggunakan tubuhnya secara efektif sebagian besar berada pada kategori “sangat tercapai”, (4) mengharapkan dan
mencapai perilaku sosial yang bertanggung jawab sebagian besar berada pada kategori “sangat tercapai”, (5) mencapai kemandirian emosional dari orangtua dan orang dewasa lainya sebagian besar berada pada kategori “tercapai”, (6)
mempersiapkan karir dan ekonomi sebagian besar berada pada kategori 7) mempersiapkan perkawinan dan keluarga sebagian besar berada pada kategori “cukup tercapai”, (8) memperoleh sistem nilai dan sistem etis sebagai pegangan untuk berperilaku mengembangkan ideologi sebagian besar
berada pada kategori “tercapai”. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru BK untuk
mempertahankan dan meningkatkan lagi upaya dalam membantu siswa untuk mencapai tugas-tugas perkembangan dengan baik, dengan memberikan layananlayanan yang berkaitan dengan pencapaian tugas perkembangan remaja supaya siswa pada masa remaja dapat menjalankan dan memahami tugas-tugas
perkembangan yang harus ia lalui dan mencapai kehidupan yang efektif di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 30 Jun 2025 08:15
Last Modified: 30 Jun 2025 08:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14906

Actions (login required)

View Item
View Item