Kontribusi Minat dan Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan Kelas X Audio Video SMK Negeri 1 Padang.

Hartono, Rudi (2011) Kontribusi Minat dan Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan Kelas X Audio Video SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RUDI_HARTONO_76611_2011.pdf] Text
B1_5_RUDI_HARTONO_76611_2011.pdf

Download (250kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa dalam mata diklat menerapkan dasar-dasar kelistrikan, dimana terdapat 57.14% siswa kelas X audio video yang mendapatkan hasil belajar dibawah KKM (<7,00) dan yang mendapatkan hasil belajar diatas (>7,00) adalah 42.86%. Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70 (rentang nilai 0-100). Hal ini diduga karena faktor minat dan cara belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan : (1) Besarnya kontribusi minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata diklat menerapkan dasar-dasar
kelistrikan kelas X Audio Video SMK N 1 Padang tahun ajaran 2010/2011, (2)Besarnya kontribusi cara belajar siswa terhadap hasil belajar mata diklat menerapkan dasar-dasar kelistrikan kelas X Audio Video SMK N 1 Padang tahun
ajaran 2010/2011, (3) Besarnya kontribusi minat dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar mata diklat menerapkan dasar-dasar kelistrikan kelas X Audio Video
SMK N 1 Padang tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Audio Video SMK N 1 Padang tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 42 siswa yang diambil dari populasi
dengan teknik propotional random sampling. Data minat dan cara belajar diperoleh melalui angket model skala likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda menggunakan
program Statistical Product and Service Solution (SPSS) Versi 16.0. Hasil penelitian ditemukan bahwa : (1) Terdapat kontribusi minat belajar siswa terhadap
hasil belajar mata diklat menerapkan dasar-dasar kelistrikan siswa kelas X audio video SMK N 1 Padang secara signifikan sebesar 14.3%. (2) Terdapat kontribusi cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata diklat menerapkan dasar-dasar kelistrikan siswa kelas X audio video SMK N 1 Padang secara signifikan sebesar 11.5%. (3) Terdapat kontribusi secara bersama-sama antara minat dan cara belajar
siswa terhadap hasil belajar mata diklat menerapkan dasar-dasar kelistrikan siswa kelas X audio video SMK N 1 Padang secara signifikan sebesar 22.4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa minat dan cara belajar siswa merupakan dua
faktor yang turut menyumbang terhadap hasil belajar siswa kelas X Audio Video SMK N 1 Padang tahun ajaran 2010/2011. Hal ini berarti semakin tinggi minat dan cara belajar siswa maka hasil belajar siswa pun akan cenderung semakin
tinggi, begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 30 Jun 2025 08:14
Last Modified: 30 Jun 2025 08:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14903

Actions (login required)

View Item
View Item