Pengaruh Brosur dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang

Mairiza P, Rince (2015) Pengaruh Brosur dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RINCE_MAIRIZA_PUTRI_16031_6093_2015.pdf] Text
B1_5_RINCE_MAIRIZA_PUTRI_16031_6093_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menemukan sendiri materi IPA. Salah satu model pembelajaran yang menuntun siswa menemukan sehingga dapat memahami pembelajaran adalah model pembelajaran discovery learning. Dalam model pembelajaran ini diberikan brosur yang dilengkapi gambar dan beberapa materi yang dapat membantu siswa untuk menemukan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh brosur dalam model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah ”quasi experimental” dengan rancangan penelitian ”randomized control group only design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 13 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik “purposive sampling”. Kelas yang terpilih untuk menjadi sampel adalah kelas VIII.2 dan VIII.3. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif dan observasi untuk ranah afektif dan analisis data dilakukan dengan menggunakan uji kesamaaan dua rata-rata. Berdasarkan data hasil penelitian, diperoleh data pada ranah kognitif dan afektif. Pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 79,14 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 71,94. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 3,09 dan ttabel = 2,00 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung berada di luar daerah penerimaan Ho, maka Hi diterima. Pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 79,14 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 68,52 dan analisis uji t pada ranah afektif, diperoleh thitung = 3,95 dan ttabel = 2,00 pada taraf nyata 0,05, hal ini berarti bahwa Hi diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari brosur dalam model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP N 13 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BROSUR DALAM MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING, HASIL BELAJAR IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 30 Jun 2025 08:13
Last Modified: 30 Jun 2025 08:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14896

Actions (login required)

View Item
View Item