Amelia, Rince (2011) Kontribusi Keterampilan Teknologi Informasi dan Minat Guru terhadap Profesional Pendidik di SMA PGRI 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RINCE_AMELIA_08249_2011.pdf [thumbnail of B1_5_RINCE_AMELIA_08249_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RINCE_AMELIA_08249_2011.pdf
Download (337kB)
Abstract
Keprofesional guru sangat di dukung dengan adanya minat dan keterampilan yang menunjang tercapainyatujuan pendidikan. Salah satunya adalah minat dan keterampilan dalam bidang TI. Menurut Undang-Undang no.14 tahun 2005, untuk meningkatkan dan mewujudkan profesionalitas guru sekurang-kurangnya ada tiga hal yang saling terkait yaitu kualifikasi, kompetensi, dan sertifikasi guru. Saat sekarang seorang guru professional apalagi yang sudah di sertifikasi minimal harus mempunyai keahlian/ keterampilan di bidang Teknologi Informasi (TI), tapi kenyataannya masih banyak guru- guru yang belum memanfaatkan teknologi informasi karena mereka kurang mengenal Teknologi Informasi, internet bahkan menggunakan komputer saja ada yang tidak pernah. Kondisi ini sangat memprihatinkan, padahal di zaman globalisasi dimana guru di tuntut untuk mengerti tentang teknologi modern agar dapat menghasilkan anak didik yang cerdas, bertakwa dan modern. Guru yang belum bisa keterampilan Teknologi Informasi (TI) di SMA PGRI 1 Padang sekitar 65%. Hal ini diperkuat dari observasi awal/ wawancara dengan Guru TIK, Tata Usaha dan keterangan dari beberapa guru, Jika ada pelatihan keterampilan Teknologi informasi untuk guru umum biasanya yang mengikuti hanya guru TIK saja. Sedangkan guru-guru bidang studi lainnya tidak ada yang mau mengikuti keterampilan tersebut. Ini karena faktor kurangnya minat dalam belajar keterampilan TI, fasilitas yang tidak memadai, dan kesibukan dari guru-guru. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan : (1) Besarnya kontribusi keterampilan teknologi informasi bagi Guru di SMA PGRI I Padang. (2) Besarnya kontribusi minat guru di SMA PGRI 1 Padang. (3) Besarnya kontribusi keterampilan teknologi informasi dan minat guru terhadap profesional pendidik di SMA PGRI 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian ini adalah guru-guru SMA PGRI 1 Padang sebanyak 38 orang yang diambil popolasi dari pengambilan sampel dilakukan secara acak atau random. Data keterampilan teknologi informasi dan minat guru diperoleh melalui angket model skala linkert. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda menggunakan program Statiscal Product nd Service Solution (SPSS) versi 17.00. hasil penelitian ditemukan bahwa : (1) terdapat kontribusi Keterampilan Teknologi Informasi terhadap Profesional Pendidik di SMA PGRI I Padang secara signifikan sebesar 16%. (2) Terdapat kontribusi Minat Guru terhadap Profesional Pendidik di SMA PGRI I Padang secara signifikan sebesar 19.80%. (3) terdapat kontribusi Keterampilan Teknologi Informasi dan Minat Guru terhadap Profesional Pendidik di SMA PGRI 1 Padang secara signifikan sebesar 34,81%. Dendan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan Teknologi Informasi dan Minat Guru merupakan fakor yang turut menyumbang terhadap professional pendidik di SMA PGRI 1 Padang. Hal ini berarti semakin baik keterampilan Teknologi Informasi dan Minat Guru maka Profesional pendidik pun akan cenderung semakin baik, begitu pula sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KETERAMPILAN TEKNOLOGI INFORMASI, MINAT GURU, PROFESIONAL PENDIDIK |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 05:56 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 05:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14893 |