Chan, Roni (2016) Pengaruh Penerapan Media Mind Map terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Paket Keahlian Teknik Audio video di SMKN 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RONI_CHAN_1102076_2957_2016.pdf [thumbnail of B1_5_RONI_CHAN_1102076_2957_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RONI_CHAN_1102076_2957_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara penerapan media mind map dengan pembelajaran langsung pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar kelas X Teknik Audio Video semester ganjil SMK Negeri 1 Bukittinggi Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas Eksperimen adalah X TAV A dimana pada kelas ini menggunakan media mind map sedang kelas Kontrol adalah
X TAV B menerapkan pembelajaran langsung. Pengumpulan data dari nilai akhir hasil belajar, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 86,03, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 78,47. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan t yaitu (4,108 > 2,037), karena t hitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H hitung
) ditolak dan hipotesis alternatif (H ) diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan penerapan media mind map lebih baik dibandingkan dengan hanya menggunakan pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 05:55 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 05:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14890 |