Putri, Rina Riantika (2014) Pengaturan Diri Siswa dalam Belajar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RINA_RIANTIKA_PUTRI_96003_4238_2014.pdf [thumbnail of B1_5_RINA_RIANTIKA_PUTRI_96003_4238_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RINA_RIANTIKA_PUTRI_96003_4238_2014.pdf
Download (454kB)
Abstract
Belajar merupakan kegiatan aktif yang dimana siswa membangun sendiri pengetahuanya, mencari sendiri arti yang mereka pelajari dan bertanggung jawab atas apa yang hasil belajar yang didapatkannya, mereka sendiri pun membandingkan atas apa yang mereka pelajari dan dapatkan serta menalarkannya makna yang mereka pelajari, ini pun tidak terlepas juga dari pengaturan diri siswa tersebut dalam belajar. Idealnya seorang pembelajar yang benar dan efektif itu harus terlibat dalam aktifitas mengatur diri dalam belajar, faktanya pengaturan siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam belajar cenderung berbeda baik dan kurangnya terlibat dalam aktivitas pengaturan diri dalam belajar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaturan diri siswa laki-laki dalam belajar, mendeskripsikan pengaturan diri siswa perempuan dalam belajar dan membedakan pengaturan diri siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam belajar. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis deskriptif komparatif dengan menggunakan angket sebagai instrumen penelitian. Jumlah populasi penelitian sebanyak 358 orang dengan sampel berjumlah 172 orang siswa, yang diambil menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Keseluruhan sampel merupakan siswa yang berada pada kelas VII, dan VIII. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik, dan untuk mengetahui perbedaan memakai statistik parametrik yaitu uji Independent Samples t test dengan pengolahan data SPSS 20.00. Temuan penelitian menunjukkan secara keseluruhan pengaturan diri siswa dalam belajar: (1) pengaturan diri siswa laki-laki dalam belajar “cukup baik”, (2) pengaturan diri siswa perempuan dalam belajar “cukup baik”, (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pengaturan diri siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam belajar. Kepada Guru BK berperan dalam meningkatkan pengaturan diri siswa dalam belajar, dengan memberikan layanan yang relevan seperti: layanan informasi mengenai motivasi dalam belajar, penguasaan konten menyusun jadwal belajar, layanan konseling individual mengenai peningkatan dalam belajar dan layanan bimbingan kelompok mengenai memusatkan konsentrasi belajar yang baik
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Arikunto, S.(2010). Prosedur Penelitian Suata Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, S. B. (2008). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Danim, S. ( 2011). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta. Das & Elfi. (2004). Belajar Untuk Belajar. Bukittinggi: Usaha Ikhlas. Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dimyati, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Liang, The Gie. (1995). Cara Belajar Yang Efisien Edisi Keempat (Diperbaharui). Yogyakarta: Liberty. Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga. Prayitno, E. (2006). Psikologi Perkembangan Remaja. Padang: Angkasa Raya. Pratama, Mario. (2012). Hubungan Antara Kebutuhan Otonomi dengan Regulasi Diri dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Tidak Diterbitkan. Padang: Jurusan BK FIP universitas Negeri Padang. Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta. Rumani & Sundari. (2004). Perkembangan Anak dan Remaja.Jakarta: PT. Rineka Cipta. Santrock, J W. (2003). Andolences. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. _________. (2007). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. _________. (2007). Psikologi Remaja. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. _________. (2010). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta : Kencana Prenada Group. _________. (2011). Psikologi Pendidikan Edisi Tiga. Jakarta Salemba Humanika. Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafinndo Persada. 57 58 _________. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafinndo Persada. Sudjana, N. (2002). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Agresindo Soemanto,W. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Slavin, R E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Teori dan Praktik Edisi Kesembilan Jilid 2. Jakarta: PT Indeks Jakarta. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Syah, M. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Tim Penyusun. (2004). Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran. Padang: UNP. Winataputra, U. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 05:54 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 05:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14887 |