Pembuatan LKPD Berbasis Komik Model Guided Discovery Learning pada Materi Usaha, Energi, Momentum, dan Impuls Kelas X SMA/MA

Desriyenti, Rina (2020) Pembuatan LKPD Berbasis Komik Model Guided Discovery Learning pada Materi Usaha, Energi, Momentum, dan Impuls Kelas X SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RINA_DESRIYENTI_15033014_725_2020.pdf] Text
B1_5_RINA_DESRIYENTI_15033014_725_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik menjadi aktif, kreatif, dan mandiri. Hal ini dapat tercapai dengan cara guru mengembangkan bahan ajar yang dapat membuat peserta didik dapat aktif dan mandiri. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahan ajar yang digunakan di sekolah masih didominasi oleh bahan ajar yang dibeli dari luar. Bahan ajar tersebut belum sepenuhnya mengasah kemampuan peserta didik. Selain itu, bahan ajar yang digunakan kurang menarik perhatian peserta didik, dan biasanya peserta didik cenderung menyukai gambar, salah satunya adalah komik. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis komik model guided discovey learning pada materi usaha energi dan momentum impuls untuk kelas 10 sekolah menengah atas atau sederajat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan tahapan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Pada penelitian ini akan dibatasi sampai tahapan develop, sehingga hanya melalui 3 tahapan yaitu define, design, dan develop. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah LKPD berbasis komik model guided discovery learning. Data yang didapatkan dari penelitian ini berasal dari uji validitas melalui lembar validitas. Lembar validitas berisi empat komponen yang dinilai oleh lima validator. Data yang didapatkan dari para validator diolah menggunakan persamaan moment kappa (k), dan didapatkan hasil 0,79 yang termasuk dalam kategori tinggi. Ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis komik model guided discovery learning pada materi usaha, energi, momentum, dan impuls adalah valid.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK, KOMIK, GUIDED DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 30 Jun 2025 05:54
Last Modified: 30 Jun 2025 05:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14885

Actions (login required)

View Item
View Item