Astuti, Rina (2014) Pemahaman Siswa tentang Konsep Moral: Studi Deskriptif terhadap Siswa SMP Negeri 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RINA_ASTUTI_96104_4121_2014.pdf [thumbnail of B1_5_RINA_ASTUTI_96104_4121_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RINA_ASTUTI_96104_4121_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Moral merupakan seperangkat aturan yang menyangkut baik atau buruk, pantas atau tidak pantas, benar atau salah yang harus dilaksanakan dalam kehidupan sosial. Untuk dapat bertingkah laku yang sesuai dengan moral, seseorang harus memahami terlebih dahulu mengenai moral tersebut. Pandangan, pertimbangan atau pemahaman moral yang benar diharapkan dapat menjadikan siswa bertingkah laku yang sesuai dengan moral. Kenyataanya masih ada siswa yang kurang memahami konsep moral, baik itu berkaitan dengan pandangan moral, perilaku moral maupun perasaan moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pemahaman siswa tentang konsep moral, meliputi: (1) pemahaman siswa berkaitan dengan pandangan moral; (2) pemahaman siswa berkaitan dengan perilaku moral; dan (3) pemahaman siswa berkaitan dengan perasaan moral. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 15 Padang yang berjumlah 517 orang yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Sedangkan sampel yang terpilih sebanyak 84 orang dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) Sebagian besar siswa memiliki pemahaman berkaitan dengan pandangan moral berada pada kategori “cukup baik” yaitu sebanyak 33,3% atau sama dengan 28 siswa; (2) Sebagian besar siswa memiliki pemahaman berkaitan dengan perilaku moral berada pada kategori “baik” yaitu sebanyak 33,3% atau sama dengan 28 siswa; dan (3) Sebagian besar siswa memiliki pemahaman berkaitan dengan perasaan moral berada pada kategori “baik” yaitu sebanyak 35,7% atau sama dengan 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru bimbingan dan konseling di sekolah agar dapat mempertahankan dan lebih meningkatkan lagi pemahaman siswa tentang konsep moral.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KONSEP MORAL |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 05:54 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 05:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14883 |