Elfina, Sisra (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_SISRA_ELFINA_16058046_17_2021.pdf [thumbnail of B1_4_SISRA_ELFINA_16058046_17_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_SISRA_ELFINA_16058046_17_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keterlaksanaan penggunaan
LKPD berbasis PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta
didik (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Penelitian pengembangan LKPD ini menggunakan model 4D yang meliputi tahap
define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan
disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah 33 peserta didik kelas
XI IPS 3 SMA N 1 Payakumbuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
meliputi lembar validasi media LKPD, lembar validasi materi LKPD, angket
respon/ partikalitas peserta didik terhadap LKPD, serta soal pre-test dan post-test
peserta didik. Data keterlaksanaan pembelajaran dianalisis dengan menggunakan
pedoman kriteria penilaian dalam bentuk persentase. Data yang diperoleh dari soal
pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan T-hitung > dari Ttabel. Uji
t-test berkorelasi dilakukan untuk mengetahui signifikansi perkembangan tingkat
berpikir kritis siswa.
Hasil penelitian menunjukkan LKPD dirasa cukup efektif dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, karena memberikan pengaruh
yang signifikan dilihat dari uji t-test.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 05:53 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 05:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14880 |