Maulidya, Annisa (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik di Kelas VII SMP Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_Annisa_Maulidya_14029042_1967_2019.pdf [thumbnail of B1_01_Annisa_Maulidya_14029042_1967_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_Annisa_Maulidya_14029042_1967_2019.pdf
Download (4MB)
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan
pembelajaran yang harus dicapai. Namun pada kenyataannya kemampuan
pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Padang
masih belum optimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah pembelajaran yang
belum sepenuhnya mampu memfasilitasi peserta didik dalam mengonstruksi
konsep matematis dengan baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads
Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah
kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar
menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik daripada kemampuan
pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model
pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 4 Padang pada pelajaran
matematika.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy
experiment) dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi pada
penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 4 padang dengan sampel kelas VII 1
dan VII 3. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan
pemahaman konsep matematis yang berbentuk soal essay yang disusun
berdasarkan rubrik penskoran kemampuan pemahaman konsep matematis. Uji
statistik yang digunakan adalah uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat dilihat bahwa pada taraf signifikan
0,05 diperoleh P-value = 0,017, karena P-value
maka Ho ditolak. Hal ini
menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang
belajar dengan menerapkan model pembelajaran NHT lebih baik daripada
pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menerapkan
model pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 4 Padang. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT memberikan
pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 04:37 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 04:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1488 |