Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Penggunaan Media CD Interaktif terhadap Hasil Belajar Teknik Televisi untuk Siswa Kelas II Jurusan Teknik Audio Video di SMK N 5 Padang

Putra, Riko (2010) Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Penggunaan Media CD Interaktif terhadap Hasil Belajar Teknik Televisi untuk Siswa Kelas II Jurusan Teknik Audio Video di SMK N 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RIKO_PUTRA_85113_2011.pdf] Text
B1_5_RIKO_PUTRA_85113_2011.pdf

Download (164kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMKN 5 Padang, masih banyaknya siswa kelas II yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada mata pelajaran Teknik Televisi yang ditetapkan sekolah yaitu 70,00 dengan rentangan 0-100. Banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya yaitu metode mengajar dan media pembelajaran. Untuk itu dilakukan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan penggunaan media CD interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh antara hasil belajar pembelajaran CTL dengan penggunaan media CD interaktif dengan hasil belajar pembelajaran konvensional. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh pembelajaran CTL dengan penggunaan media CD Interaktif terhadap hasil belajar Teknik Televisi untuk siswa kelas II Jurusan Teknik Audio Video di SMK N 5 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas II Teknik Audio Video di SMK N 5 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak setelah dilakukan pretest terhadap kelas yang memiliki kemampuan berimbang. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberlakukan dengan pembelajaran CTL dengan penggunaan media CD Interaktif dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 24 butir soal. Data yang diperoleh selain dianalisis secara manual untuk uji homogenitas, normalitas, dan hipotesis juga dianalalisis dengan program SPSS. Dari hasil tes penelitian di dapat nilai rata-rata siswa dengan pembelajaran CTL dengan penggunaan media CD Interaktif yaitu 75,64 sementara siswa yang menggunakan metode konvensional lebih rendah yaitu 67,05. Hasil hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CTL, CD INTERAKTIF, KONVENSIONAL DAN EKSPERIMEN
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 30 Jun 2025 05:53
Last Modified: 30 Jun 2025 05:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14875

Actions (login required)

View Item
View Item