Efektivitas Layanan Informasi dengan Metode Problem Solving Terhadap Peningkatan Kontrol Diri Siswa: Studi Eksperimen terhadap Siswa/i Kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang

Yana, Romarta Fitri (2016) Efektivitas Layanan Informasi dengan Metode Problem Solving Terhadap Peningkatan Kontrol Diri Siswa: Studi Eksperimen terhadap Siswa/i Kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ROMARTA_FITRI_YANA_1105600_2209_2016.pdf] Text
B1_5_ROMARTA_FITRI_YANA_1105600_2209_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dewasa ini ditemukan kurangnya kemampuan sebagian siswa dalam mengontrol dirinya di sekolah. Hal ini terlihat dari ditemukannya sebagian siswa melanggar norma dan tata tertib yang telah ditetapkan di sekolah dengan sengaja.
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan : (1) Perbedaan kontrol diri siswa kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan informasi dengan metode problem solving; (2) Perbedaan kontrol diri siswa kelompok
kontrol pada sebelum dan setelah tanpa diberi perlakuan layanan informasi dengan metode problem solving; (3) Perbedaan kontrol diri siswa kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan layanan informasi dengan metode problem
solving dengan siswa kelompok kontrol tanpa diberikan perlakuan layanan informasi dengan metode problem solving.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan QuasyExperiment.Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa MTsN Lubuk Buaya Padang dan sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan kuesioner (angket). Data kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Independet Sampel dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20. Berdasarkan temuan penelitian ini yaitu: (1) terdapat perbedaan yang
signifikan peningkatan kontrol diri siswa sebelum dan sesudah mengikuti layanan informasi dengan metode problem solving pada kelompok eksperimen, (2) tidak
terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kontrol diri siswa pada kelompok kontrol, (3) terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kontrol diri siswa pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Berdasarkan temuan di
atas, dapat disimpulkan bahwa kontrol diri siswa dapat ditingkatkan melalui layanan infromasi dengan metode problem solving, Oleh karena itu guru BK disarankan dapat mengembangkan layanan bimbingan dan konseling terutama
layanan informasi untuk membantu meningkatkan kontrol diri siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 30 Jun 2025 05:52
Last Modified: 30 Jun 2025 05:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14874

Actions (login required)

View Item
View Item