Wahyuzi, Robi Prasetia (2014) Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ROBI_PRASETIA_WAHYUZI_96105_1197_2014.pdf [thumbnail of B1_5_ROBI_PRASETIA_WAHYUZI_96105_1197_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ROBI_PRASETIA_WAHYUZI_96105_1197_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Salah satu tugas perkembangan remaja adalah kemampuan membina hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya yang sama atau berbeda jenis kelamin. Salah satu komunikasi
yang dapat dilakukan yaitu komunikasi interpersonal, komunikasi interpersonal ini adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka. Bimbingan kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian eksperimental ini dilakukan dengan rancangan Quasi-Experimen dengan rancangan The Non Equivalent Control Group digunakan untuk melihat apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa menjadi lebih baik. Dua kelompok yang dipilih menggunakan purposive sampling yang dipilih dari kelas X 3 SMK N 9 Padang.. Masing-masing kelompok terdiri dari 10 siswa. Layanan bimbingan kelompok pada kelas eksperimen diadakan selama lima kali pertemuan. Data tentang
Komunikasi Interpersonal siswa dikumpulkan melalui Pre-Test dan Post-Test, kemudian dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks test dan Kolmogorov-Smirnov Two
Independet Sampel dengan bantuan SPSS versi 20. Temuan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan yang signifikan tentang komunikasi interpersonal siswa pada pretest dan posttest siswa kelompok eksperimen, (2) tidak
terdapat perbedaan yang signifikan tentang komunikasi interpersonal siswa pada pretest dan posttest pada siswa kelompok kontrol, (3) terdapat perbedaan yang signifikan tentang komunikasi interpersonal siswa pada posttest kelompok kontrol dengan posttest kelompok
eksperimen. Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal siswa dapat ditingkatkan melalui bimbingan kelompok. Penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya penggunaan layanan bimbingan kelompok di sekolah disertai dengan adanya pengawasan dari guru dan konselor kepada siswa sehingga dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa.Perlu dilakukan penelitian yang serupa agar dapat membandingkan temuan dari hasil penelitian
ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 05:52 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 05:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14869 |