Persepsi Siswa tentang Kemampuan Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) FT UNP dalam Proses Pembelajaran di SMK Negeri 1 Pariaman pada Tahun 2010/2011

Ismail, Riki (2011) Persepsi Siswa tentang Kemampuan Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) FT UNP dalam Proses Pembelajaran di SMK Negeri 1 Pariaman pada Tahun 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RIKI_ISMAIL_94172_2011.pdf] Text
B1_5_RIKI_ISMAIL_94172_2011.pdf

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang persepsi siswa tentang kemampuan mengajar mahasiswa program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) FT UNP dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Pariaman pada tahun 2010/2011. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 yang diajar oleh mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) FT UNP di SMK Negeri 1 Pariaman. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling, di mana hanya 30% yang diambil dari jumlah populasi sebanyak 124 X 30% = 38 orang siswa. Instrumen penelitian berbentuk kuesioner dengan model skala Likert dengan 5 katagori, yang disebar pada subjek penelitian. Sebelum digunakan sebagai alat pengumpul data terlebih dahulu telah dilakukan uji coba kevalidan dan keandalan. Selanjutnya data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, kemudian dicari harga mean, dari hasil penelitian didapat bahwa persepsi siswa tentang kemampuan mengajar mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) FT UNP dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Pariaman pada tahun 2010/2011, didapat nilai rata-rata sebesar 4.22, sedangkan untuk skor persentase sebesar 84.45%, hasil ini dikatagorikan baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang kemampuan mengajar mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) FT UNP dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Pariaman pada tahun 2010/2011 dikatagorikan baik sekali

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA, ROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN KEPENDIDIKAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 30 Jun 2025 05:51
Last Modified: 30 Jun 2025 05:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14866

Actions (login required)

View Item
View Item