Pengaruh Pembelajaran Cooperative Learning Tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas XI.IPA SMA Negeri 2 Sungai Limau

Sari, Rika Permata (2012) Pengaruh Pembelajaran Cooperative Learning Tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas XI.IPA SMA Negeri 2 Sungai Limau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RIKA_PERMATA_SARI_06473_1098_2012.pdf] Text
B1_5_RIKA_PERMATA_SARI_06473_1098_2012.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of B1_5_RIKA_PERMATA_SARI_06473_1098_2012.pdf] Text
B1_5_RIKA_PERMATA_SARI_06473_1098_2012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMA Negeri 2 Sungai Limau, masih banyaknya siswa kelas XI.IPA yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ditetapkan sekolah yaitu 72. Yaitu 68.42 % siswa yang berada dibawah KKM dan 31.58 % siswa yang berada di atas KKM. Banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya yaitu faktor internal dan faktor eksternal, serta model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar dengan Pembelajaran Cooperarive Learning tipe TAI dengan hasil belajar yang tidak menggunakan Pembelajaran Cooperarive Learning tipe TAI yaitu pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI.IPA SMA Negeri 2 Sungai Limau Tahun Pelajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dan dilakukan uji normalitas dan homogenitas populasi secara manual. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan Pembelajaran Cooperarive Learning tipe TAI dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan metode pembelajaran langsung. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis secara manual untuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil tes penelitian di dapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan Pembelajaran Cooperarive Learning tipe TAI yaitu 73,16 sementara siswa yang menggunakan metode pembelajaran langsung lebih rendah yaitu 67,76 Hasil hipotesis dengan menggunakan rumus secara manual di dapati bahwa thitung 3,724 > ttabel (1.666), sehingga hipotesis alternative (Ha) diterima atau menolak hipotesis nihil (Ho). Hal ini berarti bahwa secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COOPERARIVE LEARNING TIPE TAI, MODEL PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN LANGSUNG, KONTROL DAN EKSPERIMEN
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:58
Last Modified: 30 Jun 2025 02:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14843

Actions (login required)

View Item
View Item