Jhora, Fadhila Ulfa (2015) Pengaruh Bahan Ajar ICT Mengintegrasikan MSTBK pada Materi Gerak, Gravitasi, dan Energi terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_FADHILA_ULFA_JHORA_1101384_1908_2015.pdf [thumbnail of B1_5_FADHILA_ULFA_JHORA_1101384_1908_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_FADHILA_ULFA_JHORA_1101384_1908_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penggunaan bahan ajar di sekolah kurang bervariasi dan belum adamengintegrasikan pengetahuan lain. Bahan ajar ICT mengintegrasikan MSTBKdalam pembelajaran dibuat untuk meningkatkan kompetensi siswa namun belumdilakukan uji secara luas. Berdasarkan masalah dilakukan penelitian yangbertujuan untuk menentukan kompetensi siswa pada ranah pengetahuan, sikap danketerampilan dengan menggunakan bahan ajar ICT mengintegrasikan MSTBKdan menentukan pengaruh penggunaan bahan ajar ICT mengintegrasikan MSTBKpada materi gerak, gravitasi, dan energi terhadap kompetensi Fisika siswa kelasXI SMAN 1 Padang.Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (quasi experimentresearch) dengan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalampenelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN I Padang yang terdaftar padatahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik PurposiveSampling. Instrumen penelitian berupa lembar tes akhir untuk kompetensi ranahpengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi ranah sikap, dan lembar unjukkerja untuk kompetensi ranah keterampilan. Teknik analisis data adalahmenggunakan uji kesamaan dua rata-rata dengan statistik uji t pada ranahpengetahuan, ranah sikap, dan ranah keterampilan.Berdasarkan hasil analisa data dapat dikemukakan kesimpulan penelitian.Pertama, nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran menggunakan bahan ajar ICTmengintegrasikan MSTBK pada ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilanmasing-masing 87,52, 90,52, dan 86,90. Nilai rata-rata siswa dalam pembelajaranyang tidak menggunakan bahan ajar ICT mengintegrasikan MSTBK pada ranahpengetahuan, sikap, dan keterampilan masing-masing 83,04, 83,58, dan 83,28.Kedua, penggunaan bahan ajar ICT mengintegrasikan MSTBK memberikanpengaruh yang signifikan terhadap kompetensi siswa pada ranah pengetahuan,sikap, dan keterampilan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAHAN AJAR,GERAK, GRAVITASI, ENERGI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 02:18 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 02:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14842 |