Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mindmap Menggunakan Software Imindmap 6 pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Studi Kasus SMKN 1 Bukittinggi

Fadlil, Ridwan (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mindmap Menggunakan Software Imindmap 6 pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Studi Kasus SMKN 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RIDWAN_FADLIL_1202172_3089_2016.pdf] Text
B1_5_RIDWAN_FADLIL_1202172_3089_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya variasi media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada beberapa mata pelajaran di SMKN 1 Bukittinggi. Hal ini disebabkan kurangnya inovasi serta pengetahuan yang memadai mengenai jenis-jenis media pembelajaran yang efektif dan menarik baik dari segi isi maupun segi tampilan. Hal ini menyebabkan kurang maksimalnya proses pembelajaran yang ditandai oleh kurangnya motivasi dan kesempurnaan dalam penguasaan materi oleh siswa. Tujuan dari pengembangan media berbasis Mindmap ini adalah untuk menghasilkan sebuah media yang praktis dan efektif pada mata pelajaran sistem komputer. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D, meliputi 3 tahap yaitu (1) define: analisis kebutuhan, (2) design: pembuatan desain produk, (3) develop: pengembangan. Teknik analisis instrumen yang digunakan adalah teknik analisis normalitas, homogenitas dan uji- t. Teknik analisis produk yang digunakan adalah analisis praktikalitas dan, efektifitas media pembelajaran berbasis Mindmap. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa praktikalitas media berbasis Mindmap ini dikategorikan sangat praktis, ditandai dengan rata-rata jumlah presentase praktikalitas dari guru sebesar 93.06% dan siswa 86.79%. Pernyataan tersebut diberikan oleh 1 orang guru mata pelajaran dan 31 orang responden siswa yang memberikan pernyataan melalui angket bahwa media ini sangat praktis. Dalam uji keefektifan didapati bahwa media mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang terbukti dengan terdapatnya perbedaan nilai yang cukup jauh antara nilai siswa kelas B dan kelas A. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Mindmap ini adalah media yang praktis, dan efektif dalam penggunaannya sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sistem komputer dan dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga menghasilkan pembelajaran yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MINDMAP, RESEARCH AND DEVELOPMENT
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 26 Jun 2025 09:19
Last Modified: 26 Jun 2025 09:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14832

Actions (login required)

View Item
View Item