Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa kelas X di SMA N 1 Baso Kabupaten Agam

Aini, Husnul (2012) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa kelas X di SMA N 1 Baso Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_HUSNUL_AINI_84787_5357_2012.pdf] Text
B1_4_HUSNUL_AINI_84787_5357_2012.pdf

Download (7MB)

Abstract

Hasil belajar sosiologi siswa kelas X di SMA N 1 Baso pada pemahaman
konsep masih belum memuaskan. Hal ini disebabkan siswa yang belum mampu
membangun dan mengembangkan pengetahuan yang mereka miliki terhadap materi
yang dipelajari sehingga hanya sebagian siswa yang mampu memberikan contoh,
selain itu disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Untuk
mengatasi masalah tersebut penulis menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Tari
Bambu yang bertujuan melatih kerjasama dan cara berkomunikasi siswa dalam
menyampaikan gagasan dan menerima gagasan dari temannya serta mampu
membangun pemahaman siswa mengenai suatu konsep. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Tari Bambu
terhadap hasil belajar sosiologi di SMA N 1 Baso kabupaten Agam.
Jenis penelitian ini adalah kuantitafi tipe penelitian eksperimen dengan desain
Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X SMA N 1 Baso tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dengan teknik
Random Kelompok, sehingga terpilih kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan X4
sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan deskripsi data diketahui rata-rata pemahaman konsep memberikan
contoh pada materi pengendalian sosial pada kelas eksperimen 9,71 dan kelas kontrol
6,27. Dilakukan uji t untuk setiap komponen dasar materi pengendalian sosial,
pengertian dengan thitung 2.03, ciri-ciri dengan thitung 2.11, sifat dengan thitung 2.06, caracara
dengan thitung 2.30, jenis dengan thitung 2.03, peran dengan thitung 2,43, fungsi
dengan thitung 2.08, akibat dengan thitung 2.03, upaya dengan thitung 2,03, dengan ttabel
2,02 dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Tari Bambu cocok digunakan
pada setiap komponen dasar pada materi pengendalian sosial. Pengolahan data tes
dilakukan dengan uji t dengan taraf nyata 0,05 dan df 55. Setelah dianalisis diperoleh
thitung 2,8459 sedangkan ttabel 2,02. Hal ini berarti thitung > ttabel, maka hipotesis 1 (H1)
diterima. Oleh karena itu berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran kooperatif tipe Tari Bambu dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas X SMA N 1 Baso Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 26 Jun 2025 09:19
Last Modified: 26 Jun 2025 09:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14831

Actions (login required)

View Item
View Item